Departemen Keuangan Republik Indonesia
Direktorat Jenderal Anggaran

Honor Panitia Pengadaan Tanah Untuk Kepentingan Umum Naik
(PMK No.58/PMK.02/2008)
Perencanaan Anggaran - 5/2/2008 9:45:48 AM
Back

Panitia Pengadaan Tanah Honornya Naik. Pemerintah serius untuk menggenjot pembangunan infrastruktur. Hal ini ditunjukkan oleh kesungguhan pemerintah untuk meningkatkan perhatian kepada berbagai hal yang menyangkut kelancaran pembangunan infrastruktur. Salah satu perhatian pemerintah tersebut adalah menaikkan honor panitia Pengadaan Tanah bagi pelaksanaan pembangunan untuk kepentingan umum.

Sebagaimana diamanatkan oleh Peraturan Presiden No. 65 tuhun 2006 tentang Pengadaan Tanah bagi Pelaksanaan Pembangunan untuk Kepentingan Umum, bahwa Menteri Keuangan perlu menetapkan tentang Biaya Panitia Pengadaan Tanah (PPT). Berkait dengan hal tersebut, Menteri Keuangan telah mengeluaran Peraturan Menteri Keuangan No:58/PMK.02/2008 tentang Biaya Panitia Pengadaan Tanah Bagi Pelaksanaan Pembangunan untuk Kepentingan Umum.

Hal-hal mendasar yang tertuang dalam PMK tersebut adalah kenaikan honor untuk panitia pengadaan tanah yaitu honor yang disediakan untuk panitia pengadaan tanah dalam rangka membantu pengadaan tanah bagi pelaksanaan pembangunan untuk kepentingan umum. Biaya Operasional yaitu biaya yang disediakan oleh Satker yang melakukan pengadaaan tanah dengan nilai maksimal 4% dari nilai ganti rugi yang ditetapkan oleh PPT (nilai sampai dengan Rp.5.000.000.000,00). Besarnya prosentase tersebut menurun sebagaimana dalam lampiran PMK ini.

Dengan keluarnya PMK ini diharapkan dapat mendorong kelancaran pengadaan tanah untuk kepentingan umum yang diharapkan memberikan dampak positif bagi masyarakat luas. Selanjutnya dalam pelaksanaan/pembayarannya akan diatur lebih lanjut oleh Dirjen Perbendaharaan. (T.S)


Lampiran File :
PMK No.58/PMK.02/2008 tentang Biaya Panitia Pengadaan Tanah bagi Pelaksanaan Pembangunan untuk Kepentingan Umum