Diskusi dan Bedah buku Praktik Penyusunan APBN di Indonesia
Kesekretariatan - 7/21/2014 2:20:08 PM
Anny Ratnawati, Wakil Menteri Keuangan I, berkesempatan untuk membuka acara yang diselenggarakan di Ballroom Dhanapala pada hari Selasa (15/7). Ia mengharapkan dengan adanya perubahan-perubahan besar tersebut dapat dimaknai untuk mewujudkan pembahasan APBN tahun 2015 menjadi lebih baik dari sisi good governance, transparansi, dan akuntabilitas.
 

 
Program dan Alokasi Anggaran Bantuan Sosial Tahun 2014 dan Realisasinya
Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara
Bantuan Sosial didefinisikan sebagai pengeluaran berupa transfer uang, barang, atau jasa yang diberikan oleh Pemerintah Pusat/Daerah kepada masyarakat guna melindungi dari kemungkinan terjadinya risiko sosial, meningkatkan kemampuan ekonomi dan/atau kesejahteraan masyarakat
 

 

 
 
 
Penerima Alokasi Anggaran Terbesar 2012
Perencanaan Anggaran
Printable View

Wakil Menteri Keuangan, Anny Ratnawati, secara simbolik menyerahkan Peraturan Menteri Keuangan dan Sistem Aplikasi kepada Kementerian Pertahanan Sebagai Kementerian Negara/Lembaga yang menerima alokasi anggaran terbesar Tahun Anggaran 2012. Penyerahan dilakukan dalam acara Sosialisasi Peraturan Menteri Keuangan Nomor 93/PMK.02/2011 tentang Petunjuk Penyusunan dan Penelaahan RKA-K/L. Acara tersebut dilaksanakan pada 6 Juli 2011, bertempat di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan.

Pada sektor pertahanan dan keamanan untuk mempercepat realisasi minimum essential force (MEF), anggaran untuk Tahun 2012 mengalami kenaikan terbesar. Alokasi pagu indikatif RAPBN 2012 sebesar Rp 449,2 triliun, tercatat anggaran untuk Kementerian Pertahanan melonjak hingga 29,5% menjadi Rp 61,5 triliun.

Selain Kementerian Pertahanan, penyerahan secara simbolik tersebut juga diberikan kepada Kementerian Pekerjaan Umum sebagai K/L penerima reward terbesar TA 2011, Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagai K/L dengan penyerapan anggaran tertinggi semester I TA 2011 yaitu sebesar 42,5 persen, dan Badan Nasional Penanggulangan Teroris sebagai K/L pendatang baru TA 2012.


 
 
                   
Copyright 2005 Direktorat Jenderal Anggaran
Jalan Dr. Wahidin No. 1 Gedung Sutikno Slamet Lantai 4 Jakarta Pusat 10710
users online
Website ini ditulis oleh R. Koswara Adisaputra, Pusat Informasi dan Teknologi Keuangan untuk Direktorat Jenderal Anggaran












// -->