Kemenkeu Terbitkan Payung Hukum Pembayaran PNBP secara Online
Penerimaan Negara Bukan Pajak - 4/15/2014 12:03:47 PM
Dalam rangka meningkatkan kualitas penatausahaan dan pertanggungjawaban penerimaan negara, Kementerian Keuangan menerapkan Sistem Penerimaan Negara secara elektronik dengan memanfaatkan teknologi informasi
 

 
Program dan Alokasi Anggaran Bantuan Sosial Tahun 2014 dan Realisasinya
Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara
Bantuan Sosial didefinisikan sebagai pengeluaran berupa transfer uang, barang, atau jasa yang diberikan oleh Pemerintah Pusat/Daerah kepada masyarakat guna melindungi dari kemungkinan terjadinya risiko sosial, meningkatkan kemampuan ekonomi dan/atau kesejahteraan masyarakat
 

 

 
 
 
Pengarahan Dirjen Anggaran :
Senyuman Penuh Arti
Kesekretariatan
Printable View


POINTERS Pengarahan


Kalau ada pejabat yang bisa membuat semua orang senang dan tertawa tentulah dia seorang pejabat yang menarik. Karena senang dan tertawa bagian dari kebahagian serta tanda kesehatan yang baik. Dan pejabat itu adalah Dr. Anny Ratnawati, Direktur Jenderal Anggaran.

Dalam sebuah acara pengarahan dan perkenalan dengan seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan Ditjen Anggaran beliau menyampaikan pesan agar tetap menjaga kesehatan dan kebahagiaan sebagai rasa syukur kepada Tuhan.

Menurut beliau, Ditjen Anggaran memiliki visi, misi dan tugas yang tidak ringan. Kebijakan anggaran berdampak jangka panjang. Sebagai contoh kebijakan anggaran pendidikan 20 persen tentu tidak langsung kita rasakan sekarang ini. Tetapi akan kita rasakan setelah tiga tahun ke depan. Untuk itulah kita harapkan agar teman-teman teknis bisa berfikir jangka panjang atau long term perspektif, bukan pola pikir jangka pendek.

Tantangan dan tugas berat Ditjen anggaran juga perlu diimbangi dengan profesionalisme dalam bekerja. Profesionalisme ini mencakup knowledge dalam peraturan-peraturan yang yang menjadi dasar dalam pelaksanaan pekerjaan. Efisiensi dan efektivitas kerja di masa datang juga perlu diperhatikan seperti kerja lembur. Kerja lembur berdampak pada tidak hemat listrik, daya tahan tubuh melemah, dan kurangnya perhatian terhadap keluarga. Namun demikian, kerja lembur juga diperlukan untuk tugas-tugas yang memang harus segera diselesaikan.

Berkaitan dengan reformasi birokrasi, menurut ibu dua orang anak ini mengatakan bahwa reformasi birokrasi bukan sekedar merubah struktur organisasi tetapi lebih mengarah pada perubahan mindset dan sistem nilai. Perubahan mindset seperti perubahan paradigma dari penguasa anggaran menjadi pengatur anggaran. Penguasa anggaran memiliki kesan otoriter, kalau Anda butuh anggaran silakan bicara dengan saya. Berbeda dengan pengaturan anggaran, kita mengatur anggaran seperti apa dan bagaimana prioritasnya. Kita bicarakan bersama.


Tatapan Mata yang Mengundang

Terkait dengan sistem nilai, Dirjen Anggaran meminta agar tidak memberikan senyum yang mengarah atau tatapan mata yang mengundang. Kalau ada usulan anggaran dari kementerian/lembaga dan tidak tersedia dananya tolong katakan tidak ada, bukan belum ada. ”Saya minta janji lho, dari bapak-bapak dan ibu-ibu,” kata Dirjen Anggaran. Janji untuk tidak melakukan perbuatan tercela seperti korupsi, kolusi dan nepotisme juga sudah ditandatangani oleh semua pejabat dan pegawai Ditjen Anggaran yaitu dalam pakta integritas yang pada saat acara berlangsung isi pakta intergritas tersebut dibacakan secara langsung oleh beliau.

Dirjen murah senyum ini akan bersikap tegas terhadap perilaku tidak terpuji. Alasan beliau adalah untul menyelamatkan institusi dan negara, sehingga beliau berharap agar tidak perlu mengeluarkan surat hukuman apapun baik ringan ataupun berat. Untuk itu beliau berharap agar dibangun sistem penganggaran yang bagus sehingga tidak ada celah untuk melakukan perbuatan korupsi. Namun demikian apabila sistem sudah bagus dan tetap terjadi moral hazard, berarti manusianya perlu diperbaiki.

Sebagai keluarga besar Ditjen Anggaran kita harus saling melindungi dan menjaga. Saling mengingatkan kalau ada yang salah serta layani stakeholder dengan baik. Menurut doktor lulusan IPB ini, kebahagiaan bukan apa yang di dapat hari ini, tetapi apa yang Anda pikir dalam mindset Anda. Apabila dalam pikiran kita selalu berisi kebahagiaan maka kapanpun kita memanggil memori kita yang keluar hanya kebahagiaan. ”Hilangkan rasa benci apapun itu dan berikan lebih banyak, jangan harapkan sesuatu,” pesan Ibu kepada semua pegawai Ditjen Anggaran. (Imro-www.anggaran.depkeu.go.id)



 
 
                   
Copyright © 2005 Direktorat Jenderal Anggaran
Jalan Dr. Wahidin No. 1 Gedung Sutikno Slamet Lantai 4 Jakarta Pusat 10710
users online
Website ini ditulis oleh R. Koswara Adisaputra, Pusat Informasi dan Teknologi Keuangan untuk Direktorat Jenderal Anggaran












// -->