Bahan Sosialisasi Pokok-Pokok Petunjuk Penyusunan dan Penelaahan RKA-K/L dan Pengesahan DIPA dapat diunduh disini




Awal | Sebelumnya | Selanjutnya | Akhir Halaman 1 dari 5 halaman

Nota Keuangan



Keterangan Pers RAPBN TAHUN 2018



Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara



Tahun anggaran 2018 Beserta nota keuangannya yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo di hadapan rapat paripurna DPR RI hari Rabu (16/08) siang tadi, Menteri Keuangan Sri Mulyani bersama dengan beberapa anggota kabinet Kerja, antara lain Menteri PPN/Kepala Bappenas, Menteri BUMN, Menteri Kesehatan, Menteri Perdagangan, Menteri PUPR, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Perindustrian, Kepala BKPM, dan Kepala BPS melakukan konferensi pers untuk memberikan keterangan lebih mendetail.





Advertorial RAPBN TA 2018



Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara



Jakarta - Presiden Joko Widodo hari ini telah menyampaikan pidato kenegaraan dihadapan sidang tahunya. DPR DPD tahun 2018. Pidato ini merupakan titik awal dimulainya pembahasan RAPBN TA 2018 yang berisikan rencana kerja pemerintah secara menyeluruh. Dokumen yang disampaikan adalah Rancangan Undang Undang APBN 2018 disertai Nota Keuangannya dan dokumen pendukung dalam.hal ini himpunan RKA KL.





Pembahasan RUU Tentang Perubahan APBN Tahun Anggaran 2017



Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara



Pada tanggal 3 Juli 2017 Presiden mengajukan Rancangan Undang-Undang (RUU) APBN Perubahan (APBNP) Tahun Anggaran 2017 disertai dengan nota perubahan dan dokumen pendukungnya. Pada tanggal 6 Juli 2017 diadakan Rapat Paripurna DPR RI yang mengumumkan bahwa Presiden mengajukan RUU APBN Perubahan Tahun Anggaran 2017 dan, sesuai dengan pasal 174 ayat (2) dan (4) Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Badan Anggaran ditugaskan untuk membahas dan mentapkan RUU APBN Perubahan paling lama 1 bulan dalam masa persidangan.





Pedoman Pengerjaan Jawaban Atas Pandangan Umum NK dan RAPBN 2017



Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara



Jakarta - Untuk mempermudah proses penyiapan jawaban Pemerintah atas pemandangan umum fraksi-fraksi di DPR tersebut, kami menyampaikan pedoman pengerjaan jawaban pemerintah terhadap pemandangan umum DPR-RI tentang Nota Keuangan dan RAPBN TA 2017.





Nota Keuangan & Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara TA 2016



Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara



Nota Keuangan & Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara TA 2016. RUU APBN tahun 2016 yang diajukan Pemerintah telah disetujui oleh DPR pada Sidang Paripurna pada tanggal 30 Oktober 2015. Berdasarkan persetujuan tersebut telah diterbitkan Undang Undang Nomor 14 tahun 2015 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun 2016 dan Peraturan Presiden Nomor 137 tahun 2015 tentang Rincian APBN tahun 2016.





Pemandangan Umum DPR RI Tentang Nota Keuangan dan RAPBN T.A. 2016



Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara



Pada hari Kamis, 20 Agustus 2015, DPR telah melaksanakan Sidang Paripurna dengan agenda Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi atas Nota Keuangan dan RAPBN 2016. Dalam sidang paripurna tersebut, 10 (sepuluh) fraksi di DPR telah menyampaikan pandangannya atas Nota Keuangan dan RAPBN 2016 yang diajukan oleh Pemerintah.





Penerapan Kaidah EYD Dalam Penulisan Dokumen Negara



Kesekretariatan



DJA khususnya Direktorat Penyusunan APBN berperan besar dalam penyusunan dokumen negara yakni Nota Keuangan. Penyusun dokumen negara tentu wajib memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam berbahasa Indonesia.





Jawaban Pemerintah Atas Pemandangan Umum DPR RI Terhadap RUU APBN 2015



Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara



Menteri Keuangan telah menyampaikan pidato Jawaban Pemerintah Atas Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi DPR-RI Terhadap RUU Tentang APBN 2015 Beserta Nota Keuangannya dalam Rapat Paripurna DPR-RI pada Hari Kamis, tanggal 21 Agustus 2014





Pemandangan Umum DPR RI atas Nota Keuangan RAPBN 2015



Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara



Pada hari Selasa, 19 Agustus 2014, DPR telah melaksanakan Sidang Paripurna dengan agenda Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi atas Nota Keuangan dan RAPBN 2015. Dalam sidang paripurna tersebut, 9 (sembilan) fraksi di DPR telah menyampaikan pandangannya atas Nota Keuangan dan RAPBN 2015 yang diajukan Pemerintah.





Nota Keuangan dan RAPBN 2015



Kesekretariatan



Nota Keuangan RAPBN 2015.
Tahun 2015 merupakan tahun awal pelaksanaan RPJMN ketiga (2015-2019). Berlandaskan pada pelaksanaan, pencapaian, dan keberlanjutan RPJMN kedua (2009-2014), RPJMN ketiga tersebut difokuskan untuk lebih memantapkan pembangunan secara menyeluruh di berbagai bidang dengan menekankan pencapaian daya saing kompetitif perekonomian berlandaskan keunggulan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang berkualitas serta kemampuan ilmu dan teknologi yang terus meningkat. Dengan berbasis tujuan tersebut, serta dengan memperhatikan tantangan yang mungkin dihadapi, baik domestik maupun global, maka disusun perencanaan pembangunan tahunan dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP).




Awal | Sebelumnya | Selanjutnya | Akhir Halaman 1 dari 5 halaman


Liputan


Sinergi Pengawasan Penerimaan Negara



DJA Mendengar (Menuju Penganggaran yang Efektif dan Efisien)



Kompetisi Inovasi DJA Tahun 2017



Jawaban Pemerintah Atas Pemandangan Umum DPR RI Terhadap RUU APBN 2018



Konsolidasi Undang-Undang APBNP T.A. 2017



DJA Mendengar (Untuk Pelayanan SIMPONI Yang Lebih Baik)



Undang-Undang APBNP T.A. 2017



Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi DPR Atas NK dan RAPBN 2018



Pedoman Jawaban Pemandangan Umum RUU APBN TA 2018



Keterangan Pers RAPBN TAHUN 2018



Advertorial RAPBN TA 2018



Pidato Presiden dalam Penyusunan RAPBN Tahun 2018



Nota Keuangan dan RAPBN 2018



SMKN 1 Cihampelas Belajar Pelaporan Keuangan Pemerintah



PEMBAHASAN PROGRES TINDAK LANJUT TEMUAN BPK






 



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN




Copyright 2011 Kementerian Keuangan RI - DJA - Pusintek - 2011 | Disarankan untuk menggunakan browser yang populer dan versi terbaru

Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan RI ini ditulis oleh R. Koswara Adisaputra, Alfa Andrew Jason Bulo untuk Kementerian Keuangan RI pada Agustus 2011