Kamis, 2 Oktober 2014




Persiapan Pengalihan Pengesahan DIPA ke DJA





Langkah sinergis antara Ditjen Perbendaharaan (DJPB) dan Ditjen Anggaran (DJA) semakin digalakkan. Terlebih terkait rencana pengalihan pengesahan DIPA dari DJPB ke DJA.mulai tahun anggaran 2013. Bagian terpenting dalam proses pengalihan tersebut adalah penyesuaian proses bisnis (alur kerja) penyelesaian dokumen pelaksanaan anggaran, yang semula berada pada 2 unit eselon I (DJA dan DJPB) menjadi satu kesatuan proses bisnis di DJA.

Beberapa pertimbangan pengalihan fungsi tersebut antara lain adalah penyederhanaan proses bisnis, peningkatan kualitas layanan serta perubahan fokus peran DJPB. DJPB akan semakin fokus menjalankan peran dalam melaksanakan fungsi Bendahara Umum Negara yang meliputi treasury/cash management, budget execution dan spending review.

Tidak kalah penting dalam proses pengalihan tersebut adalah adanya sistem teknologi yang handal dan terintegrasi yang dinamakan SPAN (Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara). Secara menyeluruh, nilai tambah yang diharapkan dari pengalihan fungsi ini antara lain adalah: Adanya efisiensi biaya (cost effective), Peningkatan kualitas layanan (better quality of service), Percepatan waktu layanan (quick service time).

Pengalihan fungsi ini menyebabkan beberapa perubahan/penyesuian proses bisnis dan penyesuaian aplikasi. Perubahan/penyesuaian proses bisnis yang terjadi di DJA meliputi proses penerimaan RKA-KL, mekanisme penelaahan, penerbitan Dokumen Hasil Penelaahan (DHP) RKA-KL serta diperkenalkannya istilah DIPA Induk dan DIPA Petikan. Di DJPB terjadi penyesuaian proses bisnis di Kantor Wilayah dan KPPN serta satuan kerja Kementerian/Lembaga.

Dari sisi penggunaan sistem aplikasi, DJA akan mengembangkan Aplikasi RKAKL-DIPA 2013 Satker, Aplikasi SP-DIPA dan Aplikasi RKAKL-DIPA secara Online. Sedangkan DJPB akan melakukan penyesuaian terhadap Aplikasi SP2D pada KPPN, Aplikasi SPM pada Satker dan Aplikasi Revisi DIPA Internal Kanwil.

Salah satu tahap yang harus dilalui dalam pengalihan pengesahan DIPA tersebut adalah langkah uji coba. Untuk itu, hari Jum'at (12 Oktober 2012) yang lalu bertempat di Kantor Wilayah DJPB Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah dilakukan ujicoba atas proses penerimaan RKA-KL dan mekanisme penelaahan. Pada tahun 2013 kedua proses tersebut akan menggunakan sarana teknologi informasi. Uji coba tersebut dimaksudkan juga untuk melihat keterkaitan alur data yang diterima DJPB sebagai lanjutan dari pengesahan DIPA yang telah dilaksanakan DJA.

Kegiatan uji coba dihadiri oleh Direktur Jenderal Anggaran, Direktur Jenderal Perbendaharaan, Staff Khusus Menteri Keuangan Bidang TI, Tenaga Pengkaji Bidang Perbendaharaan, beberapa pejabat eselon II dan III serta perwakilan dari DJA dan DJPB yang terlibat dalam proses pengalihan DIPA. Ujicoba berlangsung sangat lancar. Peserta memberikan masukan serta tanggapan sebagai bahan perbaikan sebelum sistem digunakan sepenuhnya pada bulan November nanti.

Kegiatan uji coba tersebut merupakan salah satu langkah awal yang ditempuh DJA untuk mempersiapkan proses pengalihan DIPA. Selanjutnya, kegiatan sosialisasi dan pelatihan, baik untuk para pegawai DJA, DJPB dan kementerian/lembaga akan segera dilaksanakan. Semua langkah tersebut dimaksudkan untuk lebih menunjang keberhasilan proses pengalihan DIPA.
(megia)

10/16/2012 1:19:49 PM




Liputan


Penyusunan RKA-K/L TA 2015 Untuk Percepatan Pertumbuhan Ekonomi



Meningkatkan Kualitas Analisis Laporan Keuangan



Penyempurnaan PMK tentang Perencanaan, Penelaahan, dan Penetapan Alokasi BA BUN



Regulasi Terbaru Kegiatan Penyusunan Target dan Pagu PNBP



Jawaban Pemerintah Atas Pemandangan Umum DPR RI Terhadap RUU APBN 2015



Fundamental Hyperion Workshop



Pemandangan Umum DPR RI atas Nota Keuangan RAPBN 2015



Nota Keuangan dan RAPBN 2015



Nota Keuangan dan RAPBN 2015



Diskusi dan Bedah buku Praktik Penyusunan APBN di Indonesia



Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan T.A 2014



Pagu Anggaran Kementerian Negara/Lembaga tahun 2015



Penyusunan RKA-K/L yang Mudah, Simple dan Akuntabel



Aplikasi RKA-K/L Online Demi Penelaahan Yang Lebih Efisien



Laporan Pemerintah tentang Pelaksanaan APBN Semester I T.A 2014






 



Statistik Website




Copyright 2011 Kementerian Keuangan RI - DJA - Pusintek - 2011 | Disarankan untuk menggunakan browser yang populer dan versi terbaru

Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan RI ini ditulis oleh R. Koswara Adisaputra, Alfa Andrew Jason Bulo untuk Kementerian Keuangan RI pada Agustus 2011