Jumat, 19 Desember 2014




Workshop Tusi K/L ttg Pedoman Teknis Pembangunan Gedung Negara





Workshop Tusi K/L Tentang Pedoman Teknis Pembangunan Gedung Negara: Persiapan DJA menuju Penelaahan Pagu Anggaran Tahun 2013



Jakarta - Semakin meningkatnya proposal pembangunan/renovasi Bangunan Gedung Negara yang diajukan oleh K/L tercermin dalam trend kenaikan alokasi untuk pembangunan gedung negara (seperti, gedung kantor, gedung sekolah, gedung rumah sakit, gudang, rumah negara) dalam APBN.

DJA sebagai pengelola anggaran belanja pemerintah, terutama untuk persiapan penelaahan pagu anggaran tahun 2013 yang akan berlangsung dalam bulan ini, sedini mungkin membekali knowledge dan kompetensi teknis tentang penilaian proposal pembangunan/perawatan Gedung Negara kepada para pegawai/pejabatnya yang bertugas sebagai penelaah RKAKL.

Sebagai realisasinya, DJA selama 2 hari (9-10 Juli 2012) telah menyelenggarakan Workshop Tugas dan Fungsi Kementerian/Lembaga (Tusi K/L) Tentang Pedoman Teknis Pembangunan Gedung Negara. Workshop selama 2 (dua) hari itu dibuka secara resmi oleh Sekretaris Ditjen Anggaran, Ari Wahyuni, SH, MPM, di Hotel Aryaduta, diikuti oleh 95 pegawai/pejabat DJA yang memiliki kompetensi teknis bidang perencanaan dan penganggaran serta para widyaiswara dari Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan, BPPK.

Melalui workshop capacity building tersebut, diharapkan setiap pembangunan gedung negara yang hasilnya merupakan fixed asset dapat memenuhi kaidah-kaidah yang dipersyaratkan, seperti sesuai dengan fungsinya, handal (memenuhi persyaratan, keselamatan, kesehatan, kenyamanan, kemudahan), efisien dalam penggunaan sumber daya, serasi dan selaras dengan lingkungannya, serta diselenggarakan secara tertib, efektif dan efesien seperti yang diamanatkan dalam Perpres Nomor 73 Tahun 2011 dan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 45/PRT/M/2007 tentang Pedoman Teknis Pembangunan Gedung Negara.

Topik bahasan seperti analisa biaya gedung, renovasi, multiyears contract, clearance, serta pembangunan di atas tanah hibah/wakaf serta isu-isu teknis yang berkembang di beberapa Kementerian/Lembaga berhasil diangkat dengan lugas oleh para narasumber/pakar dibidangnya dari Ditjen Cipta Karya, Kementerian PU. Di akhir sesi workshop, terdapat simulasi penilaian atas Proposal Pembangunan Gedung Negara meliputi persyaratan, tahapan, dan perhitungan kebutuhan dimensi serta biaya pembangunan. Peserta workshop sangat antusias dengan berpartisipasi aktif bertanya, mengklarifikasi dan memberi komentar dalam diskusi seputar materi.

Materi workshop selengkapnya, klik untuk mengunduh file :

Materi 1 (Analisa Biaya Proyek)
Materi 2 (Clearance Usulan Pekerjaan Pembangunan & Perawatan Bangunan Gedung Negara)
Materi 3 (Pelaksanaan Pekerjaan dgn Kontrak Tahun Jamak)
Materi 4 (Pedoman Pemeliharaan & Perawatan Bangunan Gedung)
Materi 5 (Review & Simulasi Penilaian PGN)


7/17/2012 11:11:28 AM




Liputan


Implementasi Sistem Penghargaan dan Sanksi Tahun 2014



Presiden Serahkan DIPA Tahun Anggaran 2015



Nota Keuangan dan APBN tahun 2015



Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun Anggaran 2015



Perumusan Output Dan Outcome Untuk Penguatan Anggaran Berbasis Kinerja



Setoran PNBP Lebih Mudah dan Cepat via SIMPONI



Nota Keuangan dan APBNP 2014



Personality Seorang Pemimpin



Survey Kesehatan Organisasi Kemenkeu 2014



Budget In Brief APBN 2015



Undang-Undang APBN TA 2015



Peran Public Private Partnership dalam Pembangunan dalam Negeri



Wawancara Dengan Direktur Penyusunan APBN



APBN Masuk Kampus



Penyusunan RKA-K/L TA 2015 Untuk Percepatan Pertumbuhan Ekonomi






 



Statistik Website




Copyright 2011 Kementerian Keuangan RI - DJA - Pusintek - 2011 | Disarankan untuk menggunakan browser yang populer dan versi terbaru

Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan RI ini ditulis oleh R. Koswara Adisaputra, Alfa Andrew Jason Bulo untuk Kementerian Keuangan RI pada Agustus 2011