PMK No. 10 Tahun 2017 tentang Tata Cara Revisi Anggaran Tahun Anggaran 2017 dapat diunduh disini




RAPBN 2013: Perekonomian Global dan Domestik serta Kebijakan yang ditempuh




Dalam rangka penyusunan RAPBN 2013, Kementerian Keuangan menyelenggarakan rapat koordinasi pada tanggal 23 Mei 2012 di Gedung Juanda I, Jakarta Pusat. Rapat ini dihadiri oleh seluruh perwakilan Kementerian/Lembaga. Melalui rapat ini, Kementerian Keuangan dan Bappenas menyampaikan pembicaraan awal mengenai ekonomi makro dan kebijakan fiskal sekaligus persiapan yang ditempuh dalam rangka penyusunan RAPBN 2013.

Rapat tersebut diawali dengan penyampaian Kerangka Ekonomi Makro (KEM) dan Pokok-pokok Kebijakan Fiskal (PPKF) 2013 oleh Wamenkeu, Dr. Anny Ratnawati. Dalam paparannya, Anny memberikan arahan mengenai kondisi perekonomian global dan domestik serta kebijakan fiskal yang ditempuh untuk tahun 2013. Khusus untuk kondisi ekonomi makro, arahan tersebut lebih dipertajam lagi oleh Kepala Badan Kebijakan Fiskal, Bambang P.S. Brodjonegoro Ph.d. Ia menyampaikan pentingnya mewaspadai kondisi perekonomian Eropa yang makin memburuk dan dapat berimbas pada perekonomian domestik.

Selanjutnya, Deputi Bidang Pendanaan Pembangunan Bappenas, Ir. Wismana Adi Suryabrata, MIA dan Direktur Jenderal Anggaran, Drs. Herry Purnomo, M.Soc.Sc menyampaikan persiapan dalam rangka penyusunan RAPBN 2013. Persiapan ini telah dimulai dengan penetapan tema RKP, isu strategis nasional dan alokasi prioritas 2013. Persiapan tersebut dilanjutkan dengan rangkaian proses yang telah disusun dalam siklus penyusunan RAPBN 2013. Dalam paparan ini juga ditekankan pentingnya efisiensi alokasi anggaran dan pemberlakuan reward and punishment dalam memacu optimalisasi anggaran.

Rapat koordinasi ini ditutup dengan paparan Direktur Jenderal Pajak, Fuad Rahmany, Ph.D, mengenai proyeksi pendapatan negara tahun 2013. Proyeksi tersebut melengkapi gambaran awal dalam persiapan penyusunan RAPBN 2013.

Materi presentasi dapat download disini.
(by:D2)

25/05/2012 10:45:32




Liputan


Daulat Rakyat atas APBN Semakin Cepat Melalui Teknologi Informasi



Batas Akhir Revisi Anggaran Usul Penggunaan Dana Keluaran (Output) Cadangan



Konsolidasi Untuk Mewujudkan Zona Integritas



DJA Menyapa : Misi Pemerataan Edukasi APBN



APBN yang Lebih Kredibel dan Berkualitas di Tengah Ketidakpastian Global



DJA Perkuat Kerangka Transparansi Fiskal



Focus Group Discussion Kerja Sama DJA dengan BPJS Kesehatan



Kesinambungan Program Pensiun dan Layanan Kesehatan



Kerangka Jaminan Sosial Seharusnya Efektif



Perdalam Ilmu Penganggaran, Mahasiswa UNTAG Cirebon Kunjungi DJA



Perencanaan yang Baik, Pelaksanaan yan Akuntabel, Pelaporan yang WTP



Selalu Siap Untuk Melakukan Perubahan



Strategi Komunikasi dan Pendidikan Budaya Anti Korupsi DJA



DJA : Menuju Organisasi Modern



Dirjen Anggaran Lantik 44 Pejabat Eselon III dan IV






 



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN




Copyright 2011 Kementerian Keuangan RI - DJA - Pusintek - 2011 | Disarankan untuk menggunakan browser yang populer dan versi terbaru

Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan RI ini ditulis oleh R. Koswara Adisaputra, Alfa Andrew Jason Bulo untuk Kementerian Keuangan RI pada Agustus 2011