Rabu, 4 Maret 2015




RAPBN 2013: Perekonomian Global dan Domestik serta Kebijakan yang ditempuh




Dalam rangka penyusunan RAPBN 2013, Kementerian Keuangan menyelenggarakan rapat koordinasi pada tanggal 23 Mei 2012 di Gedung Juanda I, Jakarta Pusat. Rapat ini dihadiri oleh seluruh perwakilan Kementerian/Lembaga. Melalui rapat ini, Kementerian Keuangan dan Bappenas menyampaikan pembicaraan awal mengenai ekonomi makro dan kebijakan fiskal sekaligus persiapan yang ditempuh dalam rangka penyusunan RAPBN 2013.

Rapat tersebut diawali dengan penyampaian Kerangka Ekonomi Makro (KEM) dan Pokok-pokok Kebijakan Fiskal (PPKF) 2013 oleh Wamenkeu, Dr. Anny Ratnawati. Dalam paparannya, Anny memberikan arahan mengenai kondisi perekonomian global dan domestik serta kebijakan fiskal yang ditempuh untuk tahun 2013. Khusus untuk kondisi ekonomi makro, arahan tersebut lebih dipertajam lagi oleh Kepala Badan Kebijakan Fiskal, Bambang P.S. Brodjonegoro Ph.d. Ia menyampaikan pentingnya mewaspadai kondisi perekonomian Eropa yang makin memburuk dan dapat berimbas pada perekonomian domestik.

Selanjutnya, Deputi Bidang Pendanaan Pembangunan Bappenas, Ir. Wismana Adi Suryabrata, MIA dan Direktur Jenderal Anggaran, Drs. Herry Purnomo, M.Soc.Sc menyampaikan persiapan dalam rangka penyusunan RAPBN 2013. Persiapan ini telah dimulai dengan penetapan tema RKP, isu strategis nasional dan alokasi prioritas 2013. Persiapan tersebut dilanjutkan dengan rangkaian proses yang telah disusun dalam siklus penyusunan RAPBN 2013. Dalam paparan ini juga ditekankan pentingnya efisiensi alokasi anggaran dan pemberlakuan reward and punishment dalam memacu optimalisasi anggaran.

Rapat koordinasi ini ditutup dengan paparan Direktur Jenderal Pajak, Fuad Rahmany, Ph.D, mengenai proyeksi pendapatan negara tahun 2013. Proyeksi tersebut melengkapi gambaran awal dalam persiapan penyusunan RAPBN 2013.

Materi presentasi dapat download disini.
(by:D2)

5/25/2012 10:45:32 AM




Liputan


Internalisasi Reviu Angka Dasar



Tutorial Aplikasi SIMPONI



Penelaahan RKA-K/L APBNP 2015 Dan Penghematan Perjalanan Dinas



Budget In Brief (English Version)



Mempermudah Pembayaran Penerimaan Negara, Menteri Keuangan Luncurkan MPN G2



Pendapat Akhir Pemerintah Terhadap RUU APBNP 2015 Dalam Rapat Paripurna DPR RI



Penilaian TKPMR Non Sampel Untuk Penerapan Manajemen Risiko DJA yang Lebih Baik



Semakin Mudah Dengan Integrasi SIMPONI-BINFAR



Penyempurnaan Perumusan Output dan Outcome dalam RKA-K/L



Penetapan Sasaran Kinerja Pegawai di Direktorat Jenderal Anggaran



Kalender Revisi Anggaran Tahun Anggaran 2015



Sasaran Strategis dan Kontrak Kinerja Untuk Mewujudkan Visi dan Misi DJA



Web Service Rampung, Integrasi SIMPONI-BARANTAN Sukses Dilakukan



Mekanisme Revisi Anggaran di Direktorat Jenderal Anggaran



Nota Keuangan dan RAPBNP Tahun 2015






 



Statistik Website




Copyright 2011 Kementerian Keuangan RI - DJA - Pusintek - 2011 | Disarankan untuk menggunakan browser yang populer dan versi terbaru

Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan RI ini ditulis oleh R. Koswara Adisaputra, Alfa Andrew Jason Bulo untuk Kementerian Keuangan RI pada Agustus 2011