Jumat, 27 Maret 2015




Dana Dekonsentrasi 2008 Diaudit Juli-Agustus 2009




JAKARTA - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) berencana mengaudit dana dekonsentrasi 2008 pada Juli-Agustus 2009.

"Audit yang akan kita lakukan akan lebih fokus pada kebijakan dan penganggaran dana dekonsentrasi," ungkap Aditor Utama Keuangan Negara II BPK Syafri Adnan Baharuddin, dalam acara Workshop LKPP 2008, di Gedung BPK, Jalan Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (17/6/2009).

Rencananya audit akan mengambil sampel beberapa kementerian atau lembaga (K/L) dan pemerintah daerah. Hasil dari audit akan disampaikan kepada pemerintah dan diharapkan akan menjadi masukan kepada pemerintah dalam mengelola dana dekonsentrasi.

Semangat audit dana dekonsentrasi ini sesuai dengan UU Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Dana Keuangan Daerah. Dijelaskan, dana dekonsentrasi ini tidak fokus kepada fisik, maka bila kedua dana tersebut menimbulkan aset akan menjadi milik pemerintah atau K/L.

Sebagai contoh, Departemen Pendidikan yang sudah menginventarisir asetnya dan mengusulkan aset yang ditimbulkan untuk dihibahkan kepada pemerintah dearah sesuai dengan PP Nomor 7 Tahun 2008 tentang Pertanggungjawaban Dana Dekonstruksi dan Tugas Perbantuannya. Maka gubernur dan kepala dearah harus wajib melaporkan keuangan atau aset pada lembaga yang punya dana secara rutin. Namun sayangnya semangat ini belum banyak dilakukan oleh pemerintah daerah.

(rhs) http://economy.okezone.com

6/18/2009 8:53:51 AM




Liputan


Bedah Buku "Postur APBN Indonesia"



Pusat Layanan DJA Sebagai Help Desk SIMPONI



Undang-Undang APBNP Tahun Anggaran 2015



Artikel : What Is Risk Management?



Karakteristik Penganggaran BA BUN Dalam Mekanisme APBN



Buku Pokok-pokok Proses Penyusunan Anggaran Belanja K/L



Buku Postur APBN Indonesia



Budget Goes To Campus 2015



Peningkatan Kemampuan Akademis



Kajian Hukum Proses Perubahan APBN



Internalisasi Reviu Angka Dasar



Tutorial Aplikasi SIMPONI



Penelaahan RKA-K/L APBNP 2015 Dan Penghematan Perjalanan Dinas



Budget In Brief (English Version)



Mempermudah Pembayaran Penerimaan Negara, Menteri Keuangan Luncurkan MPN G2






 



Statistik Website




Copyright 2011 Kementerian Keuangan RI - DJA - Pusintek - 2011 | Disarankan untuk menggunakan browser yang populer dan versi terbaru

Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan RI ini ditulis oleh R. Koswara Adisaputra, Alfa Andrew Jason Bulo untuk Kementerian Keuangan RI pada Agustus 2011