Anda sedang mengakses website portal DJA lama, website portal DJA baru cek di sini. Pengumuman : Implementasi Aplikasi SAKTI Web dalam proses Revisi DIPA TA 2020 dapat di-unduh di sini.




IBF : MERANCANG KEBIJAKAN PENERIMAAN NEGARA SEKTOR PELABUHAN






Jakarta, 4/11/2019 – Direktorat Jenderal Anggaran (DJA) menyelenggarakan acara International Budget Forum (IBF) bekerja sama dengan Asian Developement Bank Institute. Acara yang diselenggarakan selama 3 hari (4-6 November 2019) di Ballroomi hotel Grand Mercure Kemayoran Jakarta Pusat ini merupakan acara berbagi pengetahuan antarnegara di kawasan Asia Selatan, Asia Tenggara, China dan Korea Selatan dalam mendesain Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang efektif (Designing Effective Policy to Strengthen Service and Goverment Revenue) terutama di sektor pelabuhan (port).

Dalam sambutannya, Kunta W.D. Nugraha, Direktur Penyusunan APBN mengatakan bahwa pelabuhan memegang peranan penting sebagai pintu masuk utama perdagangan di sebuah negara yang perlu ditingkatkan kontribusinya terhadap penerimaan negara.

Selama ini permasalahan dalam pengumpulan penerimaan negara dari pelabuhan adalah masih adanya hambatan seperti dari sumber daya manusia (SDM) yang mengelola pelabuhan dan infrastruktur yang kurang memadai sehingga berakibat belum efektif memberikan konribusi.

“Tujuannya untuk mengembangkan bagaimana pemerintah mengalokasikan anggaran untuk memberikan pelayanan publik dengan mengkombinasikan antara Penerimaan dari Pajak dan Bukan Pajak dengan meningkatkan pengelolaannya. Oleh karena itu, sangat penting untuk belajar dari praktik negara-negara lain mengenai pengelolaan pelabuhan,” pungkas Kunta. (mi)


07/11/2019 10:23:24




Liputan


OPEN BUDGET SURVEY 2019: INDONESIA RAIH PERINGKAT 18 DARI 117 NEGARA



KEBIJAKAN KEUANGAN NEGARA DALAM PENANGANAN COVID-19



STRATEGI APBN DI TENGAH BENCANA COVID-19 DAN RISIKO RESESI EKONOMI GLOBAL



KLARIFIKASI PENIPUAN YANG MENGATASNAMAKAN DITJEN ANGGARAN



MENJAGA DAN MENGELOLA APBN DI TENGAH TEKANAN PANDEMI COVID-19



PELANTIKAN PEJABAT ADMINISTRATOR DAN FUNGSIONAL ANALIS ANGGARAN



PEMERINTAH TAMBAH PENERIMA KARTU SEMBAKO SAMPAI 20 JT PENERIMA



HADAPI DAMPAK COVID PADA SEKTOR INFORMAL, PEMERINTAH TAMBAH KARTU PRAKERJA



PERUBAHAN POSTUR DAN RINCIAN APBN 2020 DI MASA PANDEMI COVID-19



KAK: KELAS APBN KITA



PENGUATAN PERLINDUNGAN SOSIAL DAN STIMULUS EKONOMI HADAPI COVID-19.



PERPPU KEBIJAKAN KEUANGAN NEGARA DAN STABILITAS SISTEM KEUANGAN



TANGGAP COVID-19 UNTUK PEGAWAI DAN STAKEHOLDER DITJEN ANGGARAN



FGD UJI PUBLIK RPP PNBP



SINERGI LEBIH BAIK, TINGKATKAN KUALITAS PERENCANAAN PENGANGGARAN






 



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN


DIREKTORAT JENDERAL ANGGARAN
Gedung Sutikno Slamet Jalan DR. Wahidin Nomor 1 Jakarta 10710 Kotak Pos 2435 telepon 021-3868085 Whatsapp: +628118300931 email: pusatlayanan.dja@kemenkeu.go.id
Copyright 2011 Kementerian Keuangan RI - DJA - Pusintek - 2011 | Disarankan untuk menggunakan browser yang populer dan versi terbaru




Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan RI ini ditulis oleh R. Koswara Adisaputra, Alfa Andrew Jason Bulo untuk Kementerian Keuangan RI pada Agustus 2011