Anda sedang mengakses website portal DJA lama, website portal DJA baru cek di sini. Pengumuman : Implementasi Aplikasi SAKTI Web dalam proses Revisi DIPA TA 2020 dapat di-unduh di sini.




TRAINING OF TRAINER PENGELOLAAN PNBP SDA NON MIGAS







Jakarta - Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo membuka Training of Trainer (ToT) pengelolaan PNBP SDA non migas dan pengoperasian SIMPONI serta Single Source Database (SSD) PNBP bagi Kanwil DJP dan DJBC. Dalam acara yang diselenggarakan pada tanggal 2 Mei 2019 di Aula Gedung Sutikno Slamet, Mardiasmo mengatakan bahwa ToT yang merupakan bagian dari Joint Program Penerimaan antara DJP-DJBC-DJA harus dapat mencapai optimalisasi penerimaan negara yang ditargetkan.

“Target lima puluh triliun itu menurut saya achieveable dengan kerja dan sinergi bersama-sama, challenging sih memang, tetapi bukan hal yang tidak mungkin untuk dicapai,” ujarnya.

Menurut Mardiasmo, kini sudah saatnya seluruh unsur yang bertanggung jawab atas penerimaan negara untuk bekerja sebagai satu kesatuan Kementerian Keuangan tidak lagi bertindak hanya atas nama DJA, DJP, atau DJBC saja. Hal ini semata-mata demi tercapainya optimalisasi penerimaan negara, dalam arti penerimaan negara yang masuk sesuai dengan yang seharusnya diterima.




Acara ToT yang diikuti oleh perwakilan dari kanwil-kanwil di lingkungan DJP dan DJBC bertujuan untuk merapatkan barisan antara DJA, DJP, dan DJBC dalam mengidentifikasi potensi penerimaan dari sektor SDA non migas di daerah masing-masing. Oleh karena itu dalam acara tersebut dipaparkan proses bisnis pengelolaan PNBP SDA Non Migas, meliputi penerimaan minerba, kehutananan, dan perikanan. Penjelasan rinci narasumber dari Kemetenterian ESDM, Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup serta Kementerian Kelautan dan Perikanan diharapkan dapat menambah wawasan dan informasi yang terkait dengan potensi penerimaan negara.

Selain dari aspek pelaksanaan proses bisnis, penggalian potensi penerimaan dari sektor SDA non migas juga perlu dibarengi dengan pengawasan pengelolaan PNBP yang memadai. Untuk itu narasumber dari Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan memaparkan proses pengawasan PNBP SDA non migas yang telah dijalankan serta permasalahan-permasalahan yang relatif sering dihadapai di lapangan.

Mengakhiri sesi ToT pada hari itu, DJA menjelaskan tentang SIMPONI dan SSD PNBP yang merupakan salah satu alat dalam pengelolaan PNBP SDA non migas. SIMPONI merupakan sarana utama dalam proses pembayaran PNBP non migas yang dapat menghasilkan banyak data terkait penerimaan negara. Data-data tersebut nantinya akan diolah dan disajikan dengan lebih jelas dan sederhana dalam SSD PNBP yang diharapkan menjadi gudang data PNBP.

Dengan pemaparan-pemaparan dari seluruh narasumber yang ada, diharapkan peserta ToT dapat mulai mengidentifikasi potensi penerimaan negara dari sektor SDA non migas secara bersama-sama. Perwakilan dari DJA, DJP, dan DJBC diharapkan dapat bersinergi dalam mengoptimalkan penerimaan negara dengan kegiatan tersebut. (ekp/dnf)



09/05/2019 9:28:36




Liputan


OPEN BUDGET SURVEY 2019: INDONESIA RAIH PERINGKAT 18 DARI 117 NEGARA



KEBIJAKAN KEUANGAN NEGARA DALAM PENANGANAN COVID-19



STRATEGI APBN DI TENGAH BENCANA COVID-19 DAN RISIKO RESESI EKONOMI GLOBAL



KLARIFIKASI PENIPUAN YANG MENGATASNAMAKAN DITJEN ANGGARAN



MENJAGA DAN MENGELOLA APBN DI TENGAH TEKANAN PANDEMI COVID-19



PELANTIKAN PEJABAT ADMINISTRATOR DAN FUNGSIONAL ANALIS ANGGARAN



PEMERINTAH TAMBAH PENERIMA KARTU SEMBAKO SAMPAI 20 JT PENERIMA



HADAPI DAMPAK COVID PADA SEKTOR INFORMAL, PEMERINTAH TAMBAH KARTU PRAKERJA



PERUBAHAN POSTUR DAN RINCIAN APBN 2020 DI MASA PANDEMI COVID-19



KAK: KELAS APBN KITA



PENGUATAN PERLINDUNGAN SOSIAL DAN STIMULUS EKONOMI HADAPI COVID-19.



PERPPU KEBIJAKAN KEUANGAN NEGARA DAN STABILITAS SISTEM KEUANGAN



TANGGAP COVID-19 UNTUK PEGAWAI DAN STAKEHOLDER DITJEN ANGGARAN



FGD UJI PUBLIK RPP PNBP



SINERGI LEBIH BAIK, TINGKATKAN KUALITAS PERENCANAAN PENGANGGARAN






 



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN


DIREKTORAT JENDERAL ANGGARAN
Gedung Sutikno Slamet Jalan DR. Wahidin Nomor 1 Jakarta 10710 Kotak Pos 2435 telepon 021-3868085 Whatsapp: +628118300931 email: pusatlayanan.dja@kemenkeu.go.id
Copyright 2011 Kementerian Keuangan RI - DJA - Pusintek - 2011 | Disarankan untuk menggunakan browser yang populer dan versi terbaru




Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan RI ini ditulis oleh R. Koswara Adisaputra, Alfa Andrew Jason Bulo untuk Kementerian Keuangan RI pada Agustus 2011