Bahan Paparan PMK Revisi 2019 dapat di-unduh di sini




BLC STANDAR BIAYA UNTUK MENDUKUNG EFIKTIVITAS DAN EFISIENSI PENGANGGARAN







Budget Learning Centre (BLC) dengan berbagai tema standar biaya telah dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Anggaran dari tahun ke tahun sejak tahun 2016 hingga tahun ini. Pemberian pemahaman yang cukup bagi mitra kerja DJA tentang kebijakan standar biaya yang dihasilkan oleh DJA diharapkan dapat mendukung Kementerian Negara dan Lembaga (KL) dalam menyusun dokumen penganggarannya. Salah satu alat untuk mendukung efektivitas dan efisiensi penganggaran diantaranya adalah melalui penggunaan standar biaya baik standar biaya masukan maupun standar biaya keluaran dalam proses penganggaran KL.

Pada tanggal 22 hingga 25 April 2019, DJA menyelenggarakan BLC dengan tema standar biaya yaitu standar biaya keluaran (22-24 April 2019) dan standar biaya masukan (25 April 2019). Pelaksanaan BLC tema SBK ini diselenggarakan sebelum batas waktu akhir pengajuan SBK dengan maksud agar lebih banyak KL yang akan mengajukan SBK. Peserta BLC tema SBK dikhususkan bagi KL yang belum memiliki Standar Biaya Keluaran (SBK). Sedangkan untuk BLC tema SBM, dikhususkan bagi aparat pemeriksa internal KL (Itjen).

Antusiaisme peserta BLC tema SBK sangat tinggi, terlihat penuhnya kelas sejak hari pertama hingga hari ketiga pelaksanaan BLC. Peserta pun tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut dengan mengajukan pertanyaan dalam rangka menyusun SBK di unit kerjanya masing-masing. Pada saat sesi praktek penyusunan SBK, para peserta diberi kesempatan secara sukarela untuk dapat mempresentasikan hasil penghitungannya di depan kelas. Hal ini pun dijadikan peluang bagi peserta agar SBK yang nantinya akan diajukan kepada DJA sudah dikoreksi terlebih dahulu, sehingga pada saat pengajuan dapat lebih cepat prosesnya.

Sayangnya untuk BLC tema SBM yang dari tahun sebelumnya biasanya selalu penuh oleh peserta, pada tahun ini justru tidak terlalu penuh. Hal ini ditengarai karena terlalu mepetnya undangan BLC dikirimkan kepada KL. Namun untuk peserta yang sudah hadir, tentu saja tidak menyia-nyiakan kesempatan ini dengan mengajukan banyak pertanyaan mengenai penggunaan SBM di unit kerjanya masing-masing.

Semoga harapan DJA sebagai penyusun kebijakan standar biaya dapat tercapai yaitu dengan semakin meningkatnya KL yang menyusun SBK hingga batas waktu 19 Mei 2019 nanti dan semakin meningkatnya pemahaman pemeriksa internal KL dalam kaitannya dengan kebijakan SBM. Pada akhirnya, diharapkan tercapai pula efektivitas dan efisiensi penganggaran KL dari tahun ke tahunnya.



06/05/2019 16:28:18




Liputan


SERI #10: BELANJA INDUSTRI 4.0
IMPLEMENTASI MAKING INDONESIA 4.0



KAVELING ANGGARAN AMANAT UNDANG-UNDANG



SERI #9: BELANJA PENDIDIKAN
NEGARA HADIR MENCERDASKAN ANAK NEGERI



TRAINING OF TRAINER PENGELOLAAN PNBP SDA NON MIGAS



SERI #8: BELANJA PERUBAHAN IKLIM
PENGENDALIAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN (KARHUTLA)



PEMNA B-CoP SEOUL MEETING



SERI #7: BELANJA KETAHANAN PANGAN
PASAR IKAN MODERN



OPTIMALISASI PENGANGGARAN SATKER DAERAH



FORUM APRESIASI OPEN DATA DAY GLOBAL WINNER 2019



SERI #5: PEMBANGUNAN KUALITAS SDM MELALUI VOKASI



SERI #4: PROGRAM KELUARGA HARAPAN UNTUK PENANGGULANGAN KEMISKINAN



BUDGET GOES TO CAMPUS INSTITUT SENI INDONESIA DENPASAR



DATAQUEST FOR BETTER BUDGET



SERI #3: JEMBATAN KEREN DARI ACEH SAMPAI PAPUA



TINGKATKAN PEMAHAMAN ANGGARAN MELALUI BIMTEK SEKTORAL






 



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN


DIREKTORAT JENDERAL ANGGARAN
Gedung Sutikno Slamet Jalan DR. Wahidin Nomor 1 Jakarta 10710 Kotak Pos 2435 telepon 021-3868085 email: pusatlayanan.dja@kemenkeu.go.id
Copyright 2011 Kementerian Keuangan RI - DJA - Pusintek - 2011 | Disarankan untuk menggunakan browser yang populer dan versi terbaru




Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan RI ini ditulis oleh R. Koswara Adisaputra, Alfa Andrew Jason Bulo untuk Kementerian Keuangan RI pada Agustus 2011