Bahan Paparan PMK Revisi 2019 dapat di-unduh di sini




BUDGET GOES TO CAMPUS INSTITUT SENI INDONESIA DENPASAR







Bertempat di Kampus Institut Seni Indonesia Denpasar Provinsi Bali, pada hari Selasa (9/4) Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani, menjadi pembicara utama dalam acara Budget Goes to Campus (BGTC). BGTC merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan Direktorat Jenderal Anggaran untuk mensosialisasikan kebijakan APBN yang ditujukan kepada civitas akademika perguruan tinggi. Pada kali ini BGTC diikuti oleh sekitar 450 orang mahasiswa dan dosen dari 18 perguruan tinggi yang ada di Bali.

Dirjen Anggaran juga menyampaikan berbagai reformasi pengelolaan APBN, baik dalam bidang perpajakan (pelaksanaan pengampunan pajak, pertukaran informasi, dan efektivitas IT Perpajakan), di bidang belanja negara (reformasi subsidi energi diikuti penguatan belanja produktif bidang infratsruktur, pendidikan, kesehatan, dan perlindungan sosial), serta pembiayaan khususnya dalam hal pengelolaan utang. Keseluruhan reformasi pengelolaan APBN tersebut sejalan dengan upaya mewujudkan APBN yang sehat, adil, dan mandiri.



Dalam kaitannya dengan alokasi transfer ke daerah dan dana desa di Provinsi Bali, Dirjen Anggaran menggarisbawahi besaran alokasi transfer ke Bali yang dalam tahun 2019 sebesar Rp11,8 Triliun. Jumlah tersebut diluar intervensi Pemerintah di Provinsi Bali juga melalui berbagai program/kegiatan yang laksanakan Kementerian/Lembaga. Selain itu, disampaikan pula pencapaian beberapa indikator kesejahteraan (Tingkat kemiskinan, pengangguran, dan ketimpangan) di Provinsi Bali dibandingkan dengan daerah lain.

Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi dengan memberikan kesempatan kepada peserta untuk mengajukan pertanyaan/pandangan. Beberapa isu yang diangkat oleh dosen dan mahasiswa diantaranya upaya pencegahan korupsi dalam pengelolaan keuangan negara, alokasi anggaran pendidikan untuk perguruan tinggi swasta dan isu ketepatan sasaran, serta pengelolaan utang.

Rangkaian kegiatan ditutup dengan kuis mengenai substansi materi APBN yang disampaikan Dirjen Anggaran. Untuk pemenang dengan skor terbaik, Dirjen Anggaran memberikan hadiah utama berupa sepeda, sementara pemenang lainnya diberikan juga hadiah-hadiah yang menarik. (fes)



12/04/2019 9:19:25




Liputan


SERI #10: BELANJA INDUSTRI 4.0
IMPLEMENTASI MAKING INDONESIA 4.0



KAVELING ANGGARAN AMANAT UNDANG-UNDANG



SERI #9: BELANJA PENDIDIKAN
NEGARA HADIR MENCERDASKAN ANAK NEGERI



TRAINING OF TRAINER PENGELOLAAN PNBP SDA NON MIGAS



BLC STANDAR BIAYA UNTUK MENDUKUNG EFIKTIVITAS DAN EFISIENSI PENGANGGARAN



SERI #8: BELANJA PERUBAHAN IKLIM
PENGENDALIAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN (KARHUTLA)



PEMNA B-CoP SEOUL MEETING



SERI #7: BELANJA KETAHANAN PANGAN
PASAR IKAN MODERN



OPTIMALISASI PENGANGGARAN SATKER DAERAH



FORUM APRESIASI OPEN DATA DAY GLOBAL WINNER 2019



SERI #5: PEMBANGUNAN KUALITAS SDM MELALUI VOKASI



SERI #4: PROGRAM KELUARGA HARAPAN UNTUK PENANGGULANGAN KEMISKINAN



DATAQUEST FOR BETTER BUDGET



SERI #3: JEMBATAN KEREN DARI ACEH SAMPAI PAPUA



TINGKATKAN PEMAHAMAN ANGGARAN MELALUI BIMTEK SEKTORAL






 



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN


DIREKTORAT JENDERAL ANGGARAN
Gedung Sutikno Slamet Jalan DR. Wahidin Nomor 1 Jakarta 10710 Kotak Pos 2435 telepon 021-3868085 email: pusatlayanan.dja@kemenkeu.go.id
Copyright 2011 Kementerian Keuangan RI - DJA - Pusintek - 2011 | Disarankan untuk menggunakan browser yang populer dan versi terbaru




Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan RI ini ditulis oleh R. Koswara Adisaputra, Alfa Andrew Jason Bulo untuk Kementerian Keuangan RI pada Agustus 2011