Bahan Paparan PMK Revisi 2019 dapat di-unduh di sini




OPTIMALISASI PELAKSANAAN EVALUASI KINERJA ANGGARAN K/L







Jakarta – Direktorat Jenderal Anggaran melalui Direktorat Sistem Penganggaran hari ini (16/1) mengadakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema Optimalisasi Pelaksanaan Evaluasi Kinerja Anggaran Kementerian/Lembaga Melalui Aplikasi SMART. Bertempat di aula lantai 20 Gedung Sutikno Slamet, acara tersebut mengundang perwakilan seluruh K/L serta perwakilan mitra kerja penganggaran K/L di Direktorat Anggaran Bidang lingkup DJA.

FGD ini dibuka oleh Direktur Sistem Penganggaran, Agung Widiadi. Dalam sambutannya, beliau menekankan beberapa hal yang perlu menjadi perhatian seluruh K/L. Pertama, setidaknya dalam jangka waktu bulan Januari ini Kementerian/Lembaga diharapkan memaksimalkan kualitas Laporan Evaluasi Kinerja melalui Aplikasi SMART. Kedua, K/L diharapkan mengevaluasi kelemahan masing-masing dalam pelaksanaan dan pelaporan Evaluasi Kinerja Anggaran (EKA) dimaksud. Ketiga, K/L lebih aktif dalam memberikan bimbingan teknis kepada satuan kerja masing-masing, agar pengetahuan dan keterampilan dalam pengisian dan pelaporan capaian kinerja anggaran lebih baik.

Pada acara inti, diskusi dipimpin oleh Kepala Subdirektorat Evaluasi Kinerja Penganggaran, Langgeng Suwito. Di awal, beliau menyampaikan secara garis besar topik apa saja yang akan dibahas dalam acara ini. Pertama adalah terkait persiapan pelaksanaan EKA Tahun Anggaran 2019. Kedua, terkait hasil EKA Tahun Anggaran 2018. Serta yang ketiga terkait aplikasi SMART yang merupakan tool pendukung pelaksanaan pelaporan EKA.

Dalam menghadapi pelaksanaan EKA Tahun Anggaran 2019, Kementerian Keuangan bersama dengan K/L perlu kembali kepada semangat untuk meningkatkan Value for Money dari APBN. Setiap rupiah APBN harus dikelola secara efektif dan efisien agar dapat dilaksanakan dan dipertanggungjawabkan dengan baik, untuk siapa dan apa hasilnya bagi pembangunan Indonesia. Evaluasi Kinerja Anggaran ini merupakan salah satu alat yang dapat digunakan untuk membuktikan apakah dokumen anggaran telah dilaksanakan sesuai rencana, serta sebagai umpan balik perbaikan penganggaran pada periode berikutnya.

Direktorat Jenderal Anggaran telah menyediakan infrastruktur yang dapat digunakan oleh K/L, yakni dari aspek regulasi dan aspek aplikasi. Dari aspek regulasi, DJA telah menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 214 Tahun 2017 tentang Pengukuran dan Evaluasi Kinerja Anggaran atas Pelaksanaan RKA-K/L dan Peraturan Dirjen Anggaran Nomor 1 Tahun 2018 tentang Pedoman Teknis Pelaksanaan Evaluasi Kinerja Anggaran. Dari aspek aplikasi, DJA juga telah menyempurnakan aplikasi SMART baik untuk level Satuan kerja, Unit Eselon I/Program, maupun level K/L. Dengan dukungan infrastruktur tersebut, K/L diharapkan dapat lebih proaktif dalam pelaksanaan dan pelaporan EKA mulai Tahun Anggaran 2019 ini.

Selanjutnya, hasil EKA Tahun Anggaran 2018 secara umum sudah baik, tetapi masih perlu peningkatan. Peningkatan yang perlu dilakukan antara lain dari sisi penyerapan anggaran yang belum optimal khususnya untuk beberapa K/L yang memiliki pagu anggaran terbesar. Dalam forum ini juga dipaparkan daftar 10 K/L berprestasi yang memiliki nilai kinerja K/L tertinggi, serta 10 K/L dengan nilai terendah. DJA mengharapkan agar prestasi kinerja anggaran yang sudah tinggi dapat dipertahankan, serta yang masih rendah agar meningkatkan kinerjanya. (hya)



16/01/2019 15:25:58




Liputan


SERI #5: BELANJA PERLINDUNGAN SOSIAL
NEGARA HADIR MENSEJAHTERAKAN KELUARGA MISKIN



BUDGET GOES TO CAMPUS INSTITUT SENI INDONESIA DENPASAR



DATAQUEST FOR BETTER BUDGET



SERI #4: Kepoin #Anggaran Kita:
Jembatan Keren dari Aceh sampai Papua



TINGKATKAN PEMAHAMAN ANGGARAN MELALUI BIMTEK SEKTORAL



IMPLEMENTASI COWORKING SPACE DI MERCEDES-BENZ DISTRIBUTION INDONESIA



SERI #3: BELANJA KETAHANAN PANGAN PROGRAM BANTUAN PREMI ASURANSI NELAYAN (BPAN)



SERI #2: BELANJA KETAHANAN PANGAN
MENUJU LUMBUNG PANGAN DUNIA 2045



THE 2ND KIPF-OECD-ADB ROUNDTABLE OF THE NETWORK ON FISCAL RELATIONS IN ASIA



SOSIALISASI TATA CARA REVISI ANGGARAN TA 2019



HIBAH BARANG MILIK NEGARA KEPADA YAYASAN DARUL QUR'AN WAL IRSYAD



SOSIALISASI REVIEW ANGKA DASAR PAGU INDIKATIF TA 2020



OPEN DATA DAY 2019 : DATA QUEST UNTUK APBN YANG LEBIH BAIK



BUDGET GOES TO CAMPUS DI TANAH BORNEO



Menanamkan Rasa Ikut Memiliki APBN kepada Generasi Penerus






 



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN


DIREKTORAT JENDERAL ANGGARAN
Gedung Sutikno Slamet Jalan DR. Wahidin Nomor 1 Jakarta 10710 Kotak Pos 2435 telepon 021-3868085 email: pusatlayanan.dja@kemenkeu.go.id
Copyright 2011 Kementerian Keuangan RI - DJA - Pusintek - 2011 | Disarankan untuk menggunakan browser yang populer dan versi terbaru




Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan RI ini ditulis oleh R. Koswara Adisaputra, Alfa Andrew Jason Bulo untuk Kementerian Keuangan RI pada Agustus 2011