Bahan Paparan PMK Revisi 2019 dapat di-unduh di sini




BLC Untuk Lebih Memahami Kebijakan Penganggaran





Jakarta - Sudah 3 tahun berturut-turut, Budget Learning Center (BLC) tentang Standar Biaya Masukan diselenggarakan oleh DJA dengan peserta dari Kementerian/Lembaga (KL). Selama 3 kali pelaksanaan BLC itu pula, sambutan KL selalu antusias sekali. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Bapak Hatta dari Lemhanas pada hari ketiga pelaksanaan BLC yang dihadiri oleh mitra kerja Direktorat Abid Polhukam dan BABUN.

Mulai hari Senin 12 November 2018, 3 hari berturut turut DJA menyelenggarakan BLC yang bertema Standar Biaya Masukan. Bentuk BLC mulai awal penyelenggaraannya tetap sama yaitu kelas kecil yang berjumlahkan 30 hingga 40 peserta dengan materi yang disampaikan secara panel oleh pembicara dari pegawai/pejabat DJA. Pada 45 menit pertama dari pukul 9, dimulai dengan paparan materi. Selanjutnya hingga pukul 12 siang dilanjutkan dengan tanya jawab.



Materi standar biaya dipaparkan mulai dari kebijakan umum standar biaya, standar biaya masukan honorarium, perjalanan dinas dan standar biaya masukan barang dan pemeliharaan. Antusiaisme yang tinggi dari peserta ditunjukkan dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan dengan topik yang sangat beragam. Waktu tanya jawab selama 2 jam dirasa sangat kurang untuk dapat menjawab seluruh pertanyaan yang disampaikan peserta. Selain itu juga ditunjukkan oleh banyaknya peserta yang hadir melebihi kuota yang ditentukan bagi masing-masing KL. Penambahan meja dan kursi tidak dapat dielakkan demi untuk menyediakan fasilitas yang terbaik bagi para peserta yang ingin belajar lebih jauh tentang standar biaya masukan.

Melalui pelaksanaan BLC ini, terdapat harapan besar dari pihak pembuatan kebijakan standar biaya yaitu terdapat persamaan persepsi atas kebijakan satuan biaya yang telah ditetapkan dan juga memperoleh imbal balik atas kebijakan yang telah dihasilkan. Saran dan kritik juga tidak lupa disampaikan oleh peserta agar celah-celah yang masih belum tercakup dalam kebijakan standar biaya dapat diakomodir pada kebijakan standar biaya masukan di masa yang akan datang.



Di sisi lain, peningkatan kapabilitas para peserta mengenai penggunaan standar biaya masukan juga tidak kalah penting menjadi sasaran dari dilaksanakannya kegiatan ini. Banyak peserta yang terlihat telah mumpuni dalam menggunakan satuan-satuan biaya yang ada namun masih banyak juga yang belum memahami secara detail dalam arti belum membaca secara rinci penjelasan dari setiap satuan dari standar biaya masukan yang digunakan.(nal)



15/11/2018 16:19:22




Liputan


SERI #5: BELANJA PERLINDUNGAN SOSIAL
NEGARA HADIR MENSEJAHTERAKAN KELUARGA MISKIN



BUDGET GOES TO CAMPUS INSTITUT SENI INDONESIA DENPASAR



DATAQUEST FOR BETTER BUDGET



SERI #4: Kepoin #Anggaran Kita:
Jembatan Keren dari Aceh sampai Papua



TINGKATKAN PEMAHAMAN ANGGARAN MELALUI BIMTEK SEKTORAL



IMPLEMENTASI COWORKING SPACE DI MERCEDES-BENZ DISTRIBUTION INDONESIA



SERI #3: BELANJA KETAHANAN PANGAN PROGRAM BANTUAN PREMI ASURANSI NELAYAN (BPAN)



SERI #2: BELANJA KETAHANAN PANGAN
MENUJU LUMBUNG PANGAN DUNIA 2045



THE 2ND KIPF-OECD-ADB ROUNDTABLE OF THE NETWORK ON FISCAL RELATIONS IN ASIA



SOSIALISASI TATA CARA REVISI ANGGARAN TA 2019



HIBAH BARANG MILIK NEGARA KEPADA YAYASAN DARUL QUR'AN WAL IRSYAD



SOSIALISASI REVIEW ANGKA DASAR PAGU INDIKATIF TA 2020



OPEN DATA DAY 2019 : DATA QUEST UNTUK APBN YANG LEBIH BAIK



BUDGET GOES TO CAMPUS DI TANAH BORNEO



Menanamkan Rasa Ikut Memiliki APBN kepada Generasi Penerus






 



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN


DIREKTORAT JENDERAL ANGGARAN
Gedung Sutikno Slamet Jalan DR. Wahidin Nomor 1 Jakarta 10710 Kotak Pos 2435 telepon 021-3868085 email: pusatlayanan.dja@kemenkeu.go.id
Copyright 2011 Kementerian Keuangan RI - DJA - Pusintek - 2011 | Disarankan untuk menggunakan browser yang populer dan versi terbaru




Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan RI ini ditulis oleh R. Koswara Adisaputra, Alfa Andrew Jason Bulo untuk Kementerian Keuangan RI pada Agustus 2011