Bahan Paparan PMK Revisi 2019 dapat di-unduh di sini




Fokus Belanja Dalam Rancangan APBN 2019




Jakarta - Pada hari Kamis (18/10) Direktorat Jenderal Anggaran kembali menyelenggarakan Kegiatan Bimbingan Teknis Penganggaran Kementerian/Lembaga Pusat. Kegiatan yang diselenggarakan di Ballroom Dhanapala, Kementerian Keuangan merupakan salah satu rangkaian kegiatan Bimbingan Teknis Penganggaran yang bertujuan meningkatkan pemahaman Kementerian/Lembaga terhadap proses penganggaran.

Acara dibuka dengan pemaparan dari Direktur Anggaran Bidang Perekonomian dan Kemaritiman, Made Arya Wijaya, yang menyampaikan “Kebijakan Belanja K/L Tahun 2019”. Dalam paparannya tersebut, Direktur Anggaran Bidang Perekonomian dan Kemaritiman menyampaikan bahwa saat ini proses pembahasan anggaran tahun 2019 sedang terus dilakukan oleh pemerintah dengan DPR RI.

"Karena tahun 2019 adalah tahun terakhir periode pemerintahan 2014-2019, maka alokasi anggaran yang disiapkan juga didorong untuk menyelesaikan program-program yang ada dalam RPJMN 2015-2019" ujarnya.

Dalam paparannya, Made juga menyampaikan bahwa fokus belanja dalam rancangan APBN 2019 yang akan dilakukan oleh pemerintah adalah 1) Peningkatan investasi di bidang pendidikan untuk meningkatkan kualitas SDM dengan memperkuat PIP, BOS, beasiswa, vokasi, dan mempercepat rehab sekolah. 2) Penguatan program perlindungan sosial melalui perluasan JKN, serta peningkatan besaran manfaat PKH. 3) Menjaga kesinambungan pembangunan infrastruktur untuk pemerataan pembangunan. 4) Memperkuat reformasi birokrasi dengan mempermudah pelayanan publik dan investasi. 5) Mensukseskan pelaksanaan pesta demokrasi.

Pemaparan kedua disampaikan oleh Kepala Seksi Pengembangan Sistem Informasi Penganggaran Dody Triwibowo. Dody memaparkan "Persiapan Penelaahan Alokasi Anggaran TA 2019", terutama dukungan Teknologi Informasi DJA untuk proses penganggaran.


Disampaikan bahwa mulai tahun anggaran 2019, Direktorat Jenderal Anggaran mengaplikasikan sistem penelaahan online dalam proses penganggaran sampai ke level detil melalui aplikasi SatuDJA yang dapat diakses di alamat https://satudja.kemenkeu.go.id/. Melalui SatuDJA ini, ke depan semua prosees penelaahan, tidak hanya penelaahan alokasi anggaran saja tetapi juga proses revisi anggaran dapat dilaksanakan secara online.(ans)



19/10/2018 14:18:52




Liputan


DATE WITH DATA



Realisasi Semester I APBN 2019: Kinerja Positif didukung kondisi Ekonomi makro yang stabil



BIMTEK K/L PUSAT BIDANG PEREKONOMIAN DAN KEMARITIMAN



Seri #13: Keterbukaan Informasi Mendorong Partisipasi Publik



BLC EVALUASI KINERJA ANGGARAN K/L



SISTEM MONITORING DAN EVALUASI KINERJA TERPADU KEMENTERIAN KEUANGAN



SERI #12: BELANJA KESEHATAN
NEGARA HADIR BAGI MASA DEPAN BANGSA



OLIMPIADE APBN 2019, GENERASI MUDA PEDULI #UangKita



Seri #11: Membangun Infrastruktur dengan Inovasi Pengolahan Limbah Plastik



TINJAUAN VALUE FOR MONEY PADA K/L BIDANG PENDIDIKAN



SERI #10: BELANJA INDUSTRI 4.0
IMPLEMENTASI MAKING INDONESIA 4.0



KAVELING ANGGARAN AMANAT UNDANG-UNDANG



SERI #9: BELANJA PENDIDIKAN
NEGARA HADIR MENCERDASKAN ANAK NEGERI



TRAINING OF TRAINER PENGELOLAAN PNBP SDA NON MIGAS



BLC STANDAR BIAYA UNTUK MENDUKUNG EFIKTIVITAS DAN EFISIENSI PENGANGGARAN






 



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN


DIREKTORAT JENDERAL ANGGARAN
Gedung Sutikno Slamet Jalan DR. Wahidin Nomor 1 Jakarta 10710 Kotak Pos 2435 telepon 021-3868085 Whatsapp: +628118300931 email: pusatlayanan.dja@kemenkeu.go.id
Copyright 2011 Kementerian Keuangan RI - DJA - Pusintek - 2011 | Disarankan untuk menggunakan browser yang populer dan versi terbaru




Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan RI ini ditulis oleh R. Koswara Adisaputra, Alfa Andrew Jason Bulo untuk Kementerian Keuangan RI pada Agustus 2011