Bahan Internalisasi Penelaahan Pada Level Detil dan Penyusunan PM pada Tahap Alokasi Anggaran, dapat di-unduh di sini




Fokus Belanja Dalam Rancangan APBN 2019




Jakarta - Pada hari Kamis (18/10) Direktorat Jenderal Anggaran kembali menyelenggarakan Kegiatan Bimbingan Teknis Penganggaran Kementerian/Lembaga Pusat. Kegiatan yang diselenggarakan di Ballroom Dhanapala, Kementerian Keuangan merupakan salah satu rangkaian kegiatan Bimbingan Teknis Penganggaran yang bertujuan meningkatkan pemahaman Kementerian/Lembaga terhadap proses penganggaran.

Acara dibuka dengan pemaparan dari Direktur Anggaran Bidang Perekonomian dan Kemaritiman, Made Arya Wijaya, yang menyampaikan “Kebijakan Belanja K/L Tahun 2019”. Dalam paparannya tersebut, Direktur Anggaran Bidang Perekonomian dan Kemaritiman menyampaikan bahwa saat ini proses pembahasan anggaran tahun 2019 sedang terus dilakukan oleh pemerintah dengan DPR RI.

"Karena tahun 2019 adalah tahun terakhir periode pemerintahan 2014-2019, maka alokasi anggaran yang disiapkan juga didorong untuk menyelesaikan program-program yang ada dalam RPJMN 2015-2019" ujarnya.

Dalam paparannya, Made juga menyampaikan bahwa fokus belanja dalam rancangan APBN 2019 yang akan dilakukan oleh pemerintah adalah 1) Peningkatan investasi di bidang pendidikan untuk meningkatkan kualitas SDM dengan memperkuat PIP, BOS, beasiswa, vokasi, dan mempercepat rehab sekolah. 2) Penguatan program perlindungan sosial melalui perluasan JKN, serta peningkatan besaran manfaat PKH. 3) Menjaga kesinambungan pembangunan infrastruktur untuk pemerataan pembangunan. 4) Memperkuat reformasi birokrasi dengan mempermudah pelayanan publik dan investasi. 5) Mensukseskan pelaksanaan pesta demokrasi.

Pemaparan kedua disampaikan oleh Kepala Seksi Pengembangan Sistem Informasi Penganggaran Dody Triwibowo. Dody memaparkan "Persiapan Penelaahan Alokasi Anggaran TA 2019", terutama dukungan Teknologi Informasi DJA untuk proses penganggaran.


Disampaikan bahwa mulai tahun anggaran 2019, Direktorat Jenderal Anggaran mengaplikasikan sistem penelaahan online dalam proses penganggaran sampai ke level detil melalui aplikasi SatuDJA yang dapat diakses di alamat https://satudja.kemenkeu.go.id/. Melalui SatuDJA ini, ke depan semua prosees penelaahan, tidak hanya penelaahan alokasi anggaran saja tetapi juga proses revisi anggaran dapat dilaksanakan secara online.(ans)



19/10/2018 14:18:52




Liputan


Peningkatan Kualitas Pengelolaan PNBP



Lombok, Sudah Bangkit!



Pelantikan jabatan Fungsional Analis Anggaran



Peningkatan Kualitas Pengelolaan PNBP pasca Penetapan UU PNBP



Penghargaan Menteri Keuangan Untuk Pegawai DJA



Meningkatkan Efektivitas Penganggaran BA BUN



Menuju Implementasi Value For Money



Reformasi Program Pensiun PNS



Tingkatkan Pemahaman Mitra Kerja melalui Bimbingan Teknis Sektoral



Kenali, Hindari, dan Laporkan



Dirjen Anggaran Tegaskan Peran APIP Dalam Pengawasan Pengelolaan PNBP



Evaluasi Kinerja Anggaran Untuk Memperbaiki Kinerja dan Alokasi Menuju Efisiensi



UU PNBP : Optimalisasi, Penyederhanaan, dan Tata Kelola



Sosialisasi Kebijakan Penganggaran dan Aplikasi SATUANGGARAN



UNDANG-UNDANG NOMOR 9 TAHUN 2018 TENTANG PENERIMAAN NEGARA BUKAN PAJAK






 



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN




Copyright 2011 Kementerian Keuangan RI - DJA - Pusintek - 2011 | Disarankan untuk menggunakan browser yang populer dan versi terbaru

Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan RI ini ditulis oleh R. Koswara Adisaputra, Alfa Andrew Jason Bulo untuk Kementerian Keuangan RI pada Agustus 2011