Bahan Internalisasi Penelaahan Pada Level Detil dan Penyusunan PM pada Tahap Alokasi Anggaran, dapat di-unduh di sini




Menata Asa di Olimpiade APBN




Jakarta - Hari Selasa (10/7) merupakan momen yang terlupakan bagi para finalis Olimpiade APBN 2018. Pada hari itu mereka berkunjung ke “pabrik” APBN Indonesia. Kebahagiaan terpancar dari wajah para finalis yang mendapat kesempatan berharga tatkala jauh dari tempat kelahiran melangkahkan kaki ke Gedung Sutikno Slamet Kementerian Keuangan. Kunta Wibawa Dana Nugraha, Direktur Penyusunan APBN, mengantar para finalis Olimpiade APBN dari 5 (lima) Sekolah Lanjutan Tingkat Atas untuk melihat secara langsung praktek penyusunan APBN yang dilakukan di Direktorat Jenderal Anggaran (DJA).

Kegiatan kunjungan ke DJA tersebut menjadi salah satu rangkaian kegiatan Olimpiade APBN 2018 yang dimulai sejak 8 Juni 2018. Even berskala nasional perdana ini (kolaborasi DJA-PKN STAN) diikuti 128 tim dari 77 SMA/MA/SMK untuk memperebutkan piala bergilir dan uang pembinaan. Dari babak penyisihan secara online akhirnya diperoleh 5 (lima) finalis yaitu SMAN 1 Semarang, SMAN 1 Surakarta, SMAN 1 Padang, SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung, dan SMAN 17 Makassar untuk bertarung di babak final. Adapun acara final penentuan pemenang akan dilaksanakan esok pada hari Rabu (11/7) bertempat di Kampus PKN STAN. Disamping penyelenggaraan Olimpiade APBN ini, DJA juga melaksanakan Budget Goes To Campus (BGTC) sebagai partisipasi dalam kegiatan Dies Natalis PKN STAN ke-3.

Sebelum melakukan kunjungan untuk mengetahui proses dan praktek penyusunan APBN ke Direktorat Penyusunan APBN, peserta dan pendamping mendapat kesempatan tatap muka dengan Askolani, Direktur Jenderal Anggaran. Pada kesempatan tersebut, Askolani memberikan apresiasi kepada para peserta yang telah mencapai jenjang babak final. “Capaian hingga menjadi finalis Olimpiade APBN ini menjadi modal berharga untuk menggapai cita-cita sekaligus modal pengetahuan khususnya proses perencanaan pembangunan di Indonesia, ungkap Askolani. Direktur Jenderal Anggaran juga memberikan harapan kepada peserta untuk dapat memanfaatkan kesempatan berharga ini guna mengetahui proses penyusunan APBN yang cukup panjang, rumit, berurutan, dan komprehensif. “Sebesar apapun yang telah peserta olimpiade capai pasti sangat bermanfaat bagi peserta, sekolah dan keluarga”, harapan pimpinan Direktorat Jenderal Anggaran kepada peserta.

Usai tatap muka dengan Direktur Jenderal Anggaran, para finalis berkunjung ke ruang-ruang kerja di lingkungan Direktorat Penyusunan APBN. Mereka mendapat penjelasan dari setiap subdirektorat terkait tugas dan fungsi masing-masing. Penjelasan dari pejabat Direktorat Penyusunan APBN semakin menegaskan peserta begitu rumitnya proses penyusunan APBN di Indonesia. Bekal dan pengetahuan yang mereka dapatkan menjadi pengalaman berharga di kemudian hari.

Hari Rabu (11/7) pukul 09.00 bertempat di Gedung I Kampus PKN STAN Tangerang dilaksanakan final Olimpiade APBN 2018. Sebelum final dimulai, Rahmadi Murwanto, Direktur PKN STAN berkenan memberikan sambutan. Rahmadi berpesan agar pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh selama mengikuti Olimpiade APBN 2018 dapat menjadi bekal berharga bagi peserta dalam menyikapi isu-isu miring terkait penganggaran di Indonesia.


Final dilaksanakan ke dalam beberapa sesi. Pada babak final ini juga dihadirkan 3 (tiga) dewan juri yaitu Heru Wibowo (DJA), Wuryanto Nopiantoro (PKN STAN), dan Wisynu Wardhana (DJA). Sesi pertama setiap finalis mendapat 10 pertanyaan yang bervariasi dari panitia. Selanjutnya, pada sesi kedua setiap finalis diminta menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan panitia dan dewan juri dengan tema tertentu yang dipilih berdasarkan undian. Untuk mengurangi ketegangan para finalis, pihak panitia juga memberikan ice breaking berupa penggalian pesan dan kesan dari peserta ketika mengikuti acara Olimpiade APBN ini. Terakhir, lomba cepat tepat dimana setiap finalis diminta secara cepat menekan bel dan menjawab dengan tepat pertanyaan yang diajukan panitia.

Usai sesi cepat tepat, para peserta diminta pindah lokasi gedung lain untuk bergabung dengan penyelenggaraan acara Budget Goes To Campus (BGTC). Pada akhir BGTC akan diumumkan pemenang Olimpiade APBN 2018. Akhirnya, menjelang berakhirnya BGTC disampaikanlah urutan pemenang, yaitu :
  1. Juara I : SMAN 1 Semarang
  2. Juara II : SMAN 1 Padang
  3. Juara III : SMAN 17 Makassar
  4. Juara Harapan I : SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung
  5. Juara Harapan II : SMAN 1 Surakarta
Semoga langkah ini menjadi batu bata dari perjalanan panjang edukasi di bidang penganggaran yang dilaksanakan DJA kepada masyarakat. (sms)



16/07/2018 9:58:45




Liputan


Reformasi Program Pensiun PNS



Tingkatkan Pemahaman Mitra Kerja melalui Bimbingan Teknis Sektoral



Kenali, Hindari, dan Laporkan



Dirjen Anggaran Tegaskan Peran APIP Dalam Pengawasan Pengelolaan PNBP



Evaluasi Kinerja Anggaran Untuk Memperbaiki Kinerja dan Alokasi Menuju Efisiensi



UU PNBP : Optimalisasi, Penyederhanaan, dan Tata Kelola



Sosialisasi Kebijakan Penganggaran dan Aplikasi SATUANGGARAN



UNDANG-UNDANG NOMOR 9 TAHUN 2018 TENTANG PENERIMAAN NEGARA BUKAN PAJAK



Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi



Jawaban Pemerintah Atas Pemandangan Fraksi-Fraksi Terhadap NK dan RAPBN 2019



Infografis: APBN untuk Asian Games XVIII



Aplikasi Satu DJA, Integrasi Seluruh Aplikasi DJA



Pemandangan Umum RUU APBN TA 2019 Beserta NK



Nota Keuangan dan RAPBN 2019



Sampaikan Untuk Perbaikan






 



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN




Copyright 2011 Kementerian Keuangan RI - DJA - Pusintek - 2011 | Disarankan untuk menggunakan browser yang populer dan versi terbaru

Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan RI ini ditulis oleh R. Koswara Adisaputra, Alfa Andrew Jason Bulo untuk Kementerian Keuangan RI pada Agustus 2011