Bahan Internalisasi Penelaahan Pada Level Detil dan Penyusunan PM pada Tahap Alokasi Anggaran, dapat di-unduh di sini




#InovasiDJATiadaHenti




Jakarta - Ditjen Anggaran kembali menyelenggarakan Sharing Sesion pada hari Rabu (11/7). Kegiatan Sharing Session kali ini merupakan ‘pemanasan’ dan bagian dari rangkaian kegiatan Kompetisi Inovasi DJA Tahun 2018. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menumbuhkan semangat berinovasi bagi seluruh pegawai DJA.

Hadir memberikan sambutan, Sekretaris Ditjen Anggaran Erman Jaya Kusuma menyampaikan bahwa perkembangan teknologi yang cepat, tuntutan para stakeholder atas kinerja yang semakin tinggi, serta arus informasi yang mengalir deras tidak hanya menjadi sebuah tantangan, namun dapat dilihat sebagai peluang untuk mengembangkan organisasi menjadi lebih baik.


Adanya kompetisi inovasi diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme dan motivasi kinerja para pegawai. Kegiatan ini sangat positif karena dapat memunculkan ide/pemikiran yang berasal dari seluruh jajaran pegawai DJA yang tidak terbatas pada struktur formal. Hal ini menjadi penting dan menjadi bagian yang saling melengkapi di level pimpinan.

Terhadap usulan karya inovasi DJA, Erman mengingatkan untuk senantiasa dilakukan monitoring dan evaluasi oleh pihak-pihak terkait, apakah proposal inovasi tersebut dapat ditindak lanjuti untuk diimplementasikan, di-launching dan dipublikasi, sebatas wacana atau bahkan inovasi tersebut layak diusulkan untuk mengikuti Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik di tingkat nasional (SINOVIK).

Hadir sebagai narasumber Sharing Session kali ini adalah Direktur Utama TVRI Helmi yahya. Membuka presentasinya, Helmy memberi apresiasi kepada DJA sebagai instansi pemerintah yang memberikan ruang kepada pegawai untuk kreatif berinovasi. “Jadi pegawai DJA sangat beruntung”, ungkapnya.


Tema yang diangkatnya adalah #KamiKembali : Upaya Transformasi TVRI. Pegawai DJA diajak mengingat tayangan-tayangan TVRI yang akan reborn seperti Little House On the Prairie, OSHIN, Ria Jenaka dan diajak untuk kembali menonton TVRI karena saat ini sudah banyak tayangan yang bagus dan tidak ada di TV lain. Disampaikannya juga potensi aset TVRI yang besar dan perlu dikelola dengan baik. Disampaikannya juga upaya inovasi/ terobosan-terobosan yang telah dilakukannya sejak 7 bulan menjabat Direktur Utama TVRI.

“Kita tidak bisa membendung kemodernan zaman, contohnya juga fenomena Gojek. Adanya Generasi Milenial, yaitu: Gen Y, Gen Z, dan sekarang ada Gen C (Gen Connected) yang lebih hebat, lebih kreatif, lebih berani dan lebih manageable. Tapi di satu sisi ada kesan misalnya generasi milenial tidak hormat, bahasa suratnya langsung saja, sementara yang lebih senior menggunakan kata-kata: mempertimbangkan, menurut hemat saya dan sebagainya. Bagaimanapun, we have to respect them, yang menentukan keputusan pimpinan, kuncinya respect to each other, kalau ada usul agar disampaikan secara baik-baik”, jelasnya ketika ditanya mengenai tips agar pimpinan yang lebih senior di instansi pemerintah bisa menerima masukan dari yang lebih yunior.

Untuk menumbuhkan budaya inovasi dan konsisten berinovasi, Helmy menyampaikan : Environment-nya harus besar, atasan memberikan tempat untuk orang beda pendapat, nggak menyeragamkan. Lingkungan kerja sangat menentukan apalagi kalau lembaganya memberi reward untuk yang kreatif, itu lebih bagus lagi”.

Sebagai tambahan informasi, tahun 2018 merupakan tahun keempat penyelenggaraan kompetisi inovasi di lingkungan DJA. Pada tahun 2015 DJA mampu menghasilkan 18 (delapan belas) proposal inovasi, Tahun 2016 menghasilkan 13 (tiga belas) karya inovasi dan di tahun 2017 menghasilkan 22 karya inovasi. Oleh karenanya tema kompetisi inovasi DJA tahun ini #InovasiDJATiadaHenti menjadi sangat relevan.(ws)



13/07/2018 15:21:11




Liputan


Reformasi Program Pensiun PNS



Tingkatkan Pemahaman Mitra Kerja melalui Bimbingan Teknis Sektoral



Kenali, Hindari, dan Laporkan



Dirjen Anggaran Tegaskan Peran APIP Dalam Pengawasan Pengelolaan PNBP



Evaluasi Kinerja Anggaran Untuk Memperbaiki Kinerja dan Alokasi Menuju Efisiensi



UU PNBP : Optimalisasi, Penyederhanaan, dan Tata Kelola



Sosialisasi Kebijakan Penganggaran dan Aplikasi SATUANGGARAN



UNDANG-UNDANG NOMOR 9 TAHUN 2018 TENTANG PENERIMAAN NEGARA BUKAN PAJAK



Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi



Jawaban Pemerintah Atas Pemandangan Fraksi-Fraksi Terhadap NK dan RAPBN 2019



Infografis: APBN untuk Asian Games XVIII



Aplikasi Satu DJA, Integrasi Seluruh Aplikasi DJA



Pemandangan Umum RUU APBN TA 2019 Beserta NK



Nota Keuangan dan RAPBN 2019



Sampaikan Untuk Perbaikan






 



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN




Copyright 2011 Kementerian Keuangan RI - DJA - Pusintek - 2011 | Disarankan untuk menggunakan browser yang populer dan versi terbaru

Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan RI ini ditulis oleh R. Koswara Adisaputra, Alfa Andrew Jason Bulo untuk Kementerian Keuangan RI pada Agustus 2011