Bahan Workshop Penyesuaian Angka Dasar TA 2019 dalam rangka Penyusunan Pagu Indikatif TA 2019 dapat di-unduh di sini




Peran Aktif DJA pada 2018 PEMNA Plenary Conference -Cambodia




Siem Reap, Cambodia - Public Expenditure Management Network in Asia (PEMNA) melaksanakan 2018 PEMNA Plenary Conference dari tanggal 2 – 4 Mei 2018 di Siem Reap, Cambodia. Event ini adalah salah satu agenda kegiatan PEMNA yang dilaksanakan satu tahun sekali yang dihadiri oleh Community of Practices (CoP) dari Anggaran (Budget CoP) dan Perbendaharaan (Treasury CoP) dari negara-negara anggota dan development partners. Adapun tema sentral dalam acara tersebut adalah "Strengthening Revenue and Budget Managament to Support National Policy Priorities".


2018 PEMNA Plenary Conference dibuka oleh HE. Dr. Aun Pornmoniroth, Senior Minister, Ministry of Economy and Finance, Cambodia. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan Joint Session dengan tema Translating national development policies into strategic actions Strengthening revenue mobilization with efficiency, equity and sustainability; A paradigm shift towards linking formulation, execution and strategic reviews; dan International experience in strengthening budget and revenue management systems. Selanjutnya pada hari kedua, masing-masing community of practices (CoP) mendiskusikan tema masing-masing, yaitu untuk Budget CoP adalah Strengthening Budget-Policy Linkages to Improve Public Sector Performance, sedangkan Treasury CoP mendiskusikan Developing an Effective Government Revenue and Management System.

Kementerian Keuangan dalam acara tersebut diwakili oleh Direktorat Jenderal Anggaran dan Direktorat Jenderal Perbendaharaan. DJA diwakili oleh Kasubdit Anggaran Bidang Perhubungan, Kepariwisataan, dan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Anggiat Sitanggang), Kasubdit Evaluasi Kinerja Penganggaran (Langgeng Suwito), Kasubdit Penyusunan Pembiayaan Anggaran dan Penganggaran Risiko Fiskal (Dyah Kusumawati), dan Kasubdit Penyusunan Anggaran Belanja Negara III (Heru Wibowo). Adapun tema yang didiskusikan dalam sesi DJA bersama-sama dengan Vietnam dan Lead Public Sector Specialist, Governance Global Practice World Bank (Lewis Hawke) adalah Converting Policy to Action in Program Budgets: Strategies and Challenges. Topik tersebut dilatarbelakangi bahwa kegiatan perlu diidentifikasi secara jelas dan strategis untuk mencapai tujuan program tertentu. Oleh karenanya hubungan antara output program dan kebijakannya perlu direviu secara teliti agar sumber dana yang terbatas dapat dimanfaatkan secara efisien. Dengan demikian dapat dicapai value for money untuk setiap rupiah yang dikeluarkan oleh APBN. Biaya per unit (unit cost) dan struktur biaya atas output perlu dijaga agar efisien dan seragam untuk output yang sama. Hal tersebut memerlukan monitoring dan evaluasi yang efektif untuk menjamin pelaksanaan dan perbaikan alokasi anggaran.

Pada bagian akhir pelaksanaan PEMNA Plenary Conference tahun 2018 dilakukan pertemuan B-CoP dan T-CoP Leadership Meeting yang dilanjutkan dengan Steering Committee Meeting. B-CoP leadership meeting mendiskusikan antara lain perlunya rencana topik dan kegiatan jangka menengah untuk B-CoP. Disamping itu disampaikan bahwa Thailand akan menjadi tuan rumah pertemuan BCoP yang direncanakan sekitar pertengahan bulan Nopember 2018. Dalam PEMNA Steering Committee Meeting disampaikan apresiasi kepada Cambodia selaku tuan rumah yang telah berhasil melaksanakan 2018 PEMNA Plenary Conference dengan baik. Ditambahkan pula bahwa dalam usianya yang sudah 6 tahun, PEMNA semakin matang dan semakin berkembang yang memerlukan pemikiran kembali mengenai arah dan tujuan organisasi. Disamping itu, dirasakan perlunya pemikiran atas kerangka kegiatan jangka menengah PEMNA. Akhirnya, dibagian akhir diumumkan bahwa untuk Vietnam akan menjadi tuan rumah PEMNA Plenary Conference tahun 2019.


18/05/2018 10:02:13




Liputan


Sampaikan Untuk Perbaikan



Teknis Pelaksanaan Evaluasi Kinerja Anggaran



LKPP Tahun 2017 Kembali Raih Opini WTP



Era Baru Pengelolaan PNBP



Rapat Paripurna DPR Setujui RUU PNBP



SEMESTER I 2018, PNBP TUMBUH 21,02 %



Laporan Pemerintah Tentang Pelaksanaan APBN Semester I T.A. 2018



Laporan Pemerintah Tentang Pelaksanaan APBN Semester I T.A. 2018



Menata Asa di Olimpiade APBN



#InovasiDJATiadaHenti



BGTC 2018 : APBN Untuk Mendorong Investasi dan Daya Saing



Edukasi APBN 2018



FGD Sinergi Perencanaan dan Penganggaran



DJA Serahkan Bingkisan Idul Fitri 1439H



Peningkatan Pengawasan PNBP






 



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN




Copyright 2011 Kementerian Keuangan RI - DJA - Pusintek - 2011 | Disarankan untuk menggunakan browser yang populer dan versi terbaru

Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan RI ini ditulis oleh R. Koswara Adisaputra, Alfa Andrew Jason Bulo untuk Kementerian Keuangan RI pada Agustus 2011