Bahan Internalisasi Penelaahan Pada Level Detil dan Penyusunan PM pada Tahap Alokasi Anggaran, dapat di-unduh di sini




Forum DJA Bersama Mitra Kerja Dalam Rangka Perbaikan Layanan DJA




Jakarta - Bertempat di Ballroom Dhanapala, Ditjen Anggaran menyelenggarakan acara DJA Mendengar pada hari Selasa (8/5). Acara ini Forum DJA bersama Mitra Kerja dalam rangka Perbaikan Layanan DJA Menuju Peningkatan Kualitas Value For Money.


Direktur Jenderal Anggaran Askolani dalam sambutannya menyampaikan bahwa DJA harus dapat mengkoordinasikan penyusunan APBN sebagai alat untuk mewujudkan pembangunan yang merata untuk seluruh rakyat Indonesia.

"Yang perlu kita catat adalah komitmen pemerintah yang tinggi membangun Indonesia yang lebih baik, lebih sejahtera dan lebih merata. Salah satu tugas DJA adalah menyusun APBN tiap tahun. Oleh karena itu harus diperhatikan bagaimana perencanaan pembangunan, perencanaan APBN sampai dengan pelaksanaan, sehingga setiap rupiah itu betul-betul menjadi manfaat bagi semua masyarakat Indonesia", ungkapnya.


Narasumber pertama, Direktur Penyusunan APBN Kunta Wibawa Dasa Nugraha menyampaikan materi mengenai Arah Kebijakan APBN Tahun 2019, memperkokoh pengelolaan fiskal untuk akselerasi peningkatan kesejahteraan.

Dalam paparannya, Kunta menyampaikan pentingnya transparansi anggaran, realisasi APBN tahun 2017 dan perkembangan pelaksanaan APBN tahun 2018, serta kebijakan APBN tahun 2019.

"Integritas terkait penyusunan APBN adalah bagaimana kita harus mengelola APBN dengan baik, bagaimana pemerintah mengelola anggarannya untuk kesejahteraan masyarakat, dan pentingnya transparansi anggaran, sehingga masyarakat ikut memperhatikan dan mengawasi", urainya membuka paparan.

Narasumber kedua, Direktur PNBP Mariatul Aini menyampaikan materi mengenai Kebijakan PNBP KL dan Temuan-temuan Pelaksanaan PNBP Yang Tidak Optimal. Dalam paparannya Aini menyampaikan perkembangan realisasi PNBP, Target dan Realisasi PNBP tahun 2017 dan 2018, Kebijakan Umum PNBP TA 2018, Pokok-pokok Kebijakan PNBP Lainnya pada tahun 2018, serta Temuan BPK dalam pengelolaan PNBP KL Tahun 2017.

Sedangkan narasumber ketiga, Plh. Direktur Anggaran Bidang Perekonomian dan Kemaritiman Made Arya Wijaya menyampaikan materi mengenai Kebijakan Penganggaran Berbasis Kinerja, Standar Biaya, Persetujuan Kontrak Tahun Jamak dan Efisiensi Belanja. Selain itu, Made juga memaparkan mengenai evaluasi dan tindak lanjut rekomendasi Forum DJA Mendengar tahun 2017.

Dalam kesempatan selanjutnya, Kementerian/Lembaga mitra kerja DJA juga menyampaikan usulan-usulan dan tanggapan terkait pelayanan DJA untuk dapat ditindaklanjuti sebagai langkah untuk mewujudkan perbaikan layanan DJA (cys).

Bahan dapat diunduh pada :
  1. Paparan Direktorat Abid Ekontim
  2. Paparan Direktorat PAPBN
  3. Paparan Direktorat PNBP


09/05/2018 17:32:15




Liputan


Tingkatkan Pemahaman Mitra Kerja melalui Bimbingan Teknis Sektoral



Kenali, Hindari, dan Laporkan



Dirjen Anggaran Tegaskan Peran APIP Dalam Pengawasan Pengelolaan PNBP



Evaluasi Kinerja Anggaran Untuk Memperbaiki Kinerja dan Alokasi Menuju Efisiensi



UU PNBP : Optimalisasi, Penyederhanaan, dan Tata Kelola



Sosialisasi Kebijakan Penganggaran dan Aplikasi SATUANGGARAN



UNDANG-UNDANG NOMOR 9 TAHUN 2018 TENTANG PENERIMAAN NEGARA BUKAN PAJAK



Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi



Jawaban Pemerintah Atas Pemandangan Fraksi-Fraksi Terhadap NK dan RAPBN 2019



Infografis: APBN untuk Asian Games XVIII



Aplikasi Satu DJA, Integrasi Seluruh Aplikasi DJA



Pemandangan Umum RUU APBN TA 2019 Beserta NK



Nota Keuangan dan RAPBN 2019



Sampaikan Untuk Perbaikan



Teknis Pelaksanaan Evaluasi Kinerja Anggaran






 



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN




Copyright 2011 Kementerian Keuangan RI - DJA - Pusintek - 2011 | Disarankan untuk menggunakan browser yang populer dan versi terbaru

Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan RI ini ditulis oleh R. Koswara Adisaputra, Alfa Andrew Jason Bulo untuk Kementerian Keuangan RI pada Agustus 2011