Bahan Internalisasi Penelaahan Pada Level Detil dan Penyusunan PM pada Tahap Alokasi Anggaran, dapat di-unduh di sini




Peningkatan Efisiensi dan Efektivitas Belanja Infrastruktur




Jakarta - Pada hari Selasa tanggal 24 April 2018, Direktorat Jenderal Anggaran berkesempatan menyambut kedatangan tamu spesial yang merupakan Tim Peneliti dari Korea Development Institute, Korea. Direktorat Jenderal Anggaran merupakan instansi pertama yang dikunjungi Korea Development Institute dalam rangka melakukan in-depth study yang secara khusus untuk mendapatkan informasi lebih mendalam terkait siklus penganggaran, kondisi anggaran infrastruktur di Indonesia beserta tantangannya, dan prioritas rekomendasi yang diharapkan Direktorat Jenderal Anggaran dari Korea Development Institute.


Kunjungan Tim Peneliti Korea Development Institute tersebut merupakan rangkaian dari siklus konsultansi Korea Development Institute dalam bentuk Knowledge Sharing Program tahun 2017/2018. Knowledge Sharing Program merupakan suatu program unggulan dari Pemerintah Korea (yang dalam hal ini dilaksanakan oleh Korea Development Institute selaku think-tank untuk Pemerintah) berbentuk riset bersama. Pemerintah Korea sendiri mendeskripsikan Knowledge Sharing Program sebagai "Knowledge-driven economic cooperation program designed to share Korea’s development experiences with the partner countries’ policymakers, enhancing their capacities and confidence".

Mengingat program tersebut bersifat knowledge-sharing dan customized, maka rangkaian kegiatan Knowledge Sharing Program tahun 2017/2018 juga dilaksanakan berdasarkan sesuai permintaan yang diajukan oleh Direktorat Jenderal Anggaran sebelumnya melalui proposal. Topik yang diusulkan oleh Direktorat Jenderal Anggaran pada saat itu adalah peningkatan efisiensi dan efektivitas belanja infrastuktur melalui penguatan manajemen investasi publik, tetapi seiring dengan hasil diskusi dan masukan Pemerintah Korea topik dimaksud dipecah menjadi dua topik, yaitu:
  1. Improving Efficiency and Effectivity of infrastructure Spending by Enhancing Monitoring and Evaluation System in Indonesia yang dilaksanakan bersama Korea Development Institute dan Direktorat Jenderal Anggaran; dan
  2. Developing Performance Management System for Infrastructure Development Programs in Indonesia yang dilaksanakan bersama Korea Development Institute dan Direktorat Jenderal Perbendaharaan.
Kegiatan Knowledge Sharing Program tahun 2017/2018 akan dilaksanakan dalam 4 (empat) tahapan utama. Tahapan pertama telah dilaksanakan pada tahun 2015 dan dilanjutkan dengan tahapan kedua pada bulan Februari 2018 lalu. Tahapan dimaksud dilanjutkan dengan in-depth study dan policy seminar yang dilaksanakan 23-26 April 2018 lalu. Gambaran siklus kegiatan Knowledge Sharing Program tahun 2017/2018 beserta jadwal tentatifnya dapat dilihat dalam bagan di bawah.


Sumber: diolah dari paparan tim Korea Development Institute

Terkait dengan tahapan in-depth study, tim riset dari Korea Development Institute dengan didampingi local consultant Direktorat Jenderal Anggaran melanjutkan kunjungan ke berbagai instansi untuk mendapatkan tambahan informasi dan data-data terkait infrastuktur dan skema pendanaannya. Instansi yang dikunjungi adalah Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko, BAPPENAS, dan Lembaga Manajemen Aset Negara. Rangkaian tahapan ini ditutup dengan penyelenggaraan policy seminar terbatas yang dilaksanakan di DJPb.


08/05/2018 15:01:51




Liputan


Tingkatkan Pemahaman Mitra Kerja melalui Bimbingan Teknis Sektoral



Kenali, Hindari, dan Laporkan



Dirjen Anggaran Tegaskan Peran APIP Dalam Pengawasan Pengelolaan PNBP



Evaluasi Kinerja Anggaran Untuk Memperbaiki Kinerja dan Alokasi Menuju Efisiensi



UU PNBP : Optimalisasi, Penyederhanaan, dan Tata Kelola



Sosialisasi Kebijakan Penganggaran dan Aplikasi SATUANGGARAN



UNDANG-UNDANG NOMOR 9 TAHUN 2018 TENTANG PENERIMAAN NEGARA BUKAN PAJAK



Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi



Jawaban Pemerintah Atas Pemandangan Fraksi-Fraksi Terhadap NK dan RAPBN 2019



Infografis: APBN untuk Asian Games XVIII



Aplikasi Satu DJA, Integrasi Seluruh Aplikasi DJA



Pemandangan Umum RUU APBN TA 2019 Beserta NK



Nota Keuangan dan RAPBN 2019



Sampaikan Untuk Perbaikan



Teknis Pelaksanaan Evaluasi Kinerja Anggaran






 



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN




Copyright 2011 Kementerian Keuangan RI - DJA - Pusintek - 2011 | Disarankan untuk menggunakan browser yang populer dan versi terbaru

Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan RI ini ditulis oleh R. Koswara Adisaputra, Alfa Andrew Jason Bulo untuk Kementerian Keuangan RI pada Agustus 2011