Bahan Internalisasi Penelaahan Pada Level Detil dan Penyusunan PM pada Tahap Alokasi Anggaran, dapat di-unduh di sini




Efisiensi dan Efektivitas Pembangunan Infrastruktur




Jakarta - Pada hari Rabu (24/1), Direktorat Jenderal Anggaran (DJA) bekerjasama dengan World Bank menyelenggarakan seminar dengan tema "Diseminasi Kajian Efisiensi dan Efektivitas Pembangunan Infrastruktur". Seminar ini bertujuan untuk mendiskusikan hasil kajian terkait infrastruktur yang telah dilakukan oleh Kantor Staf Kepresidenan, Bappenas, DJA, dan World Bank. Dengan seminar ini, diharapkan hasil kajian tersebut dapat disinergikan implementasi dan tindak lanjutnya. Telah diketahui bersama bahwa infrastruktur yang tidak memadai mrupakan kendala pertumbuhan, terutama di negara-negara berkembang. Layanan infrastruktur seringkali tidak memadai untuk memenuhi permintaan. Layanan infrastruktur seringkali memiliki kualitas dan keandalan yang rendah. Kinerja infrasruktur yang rendah mencerminkan tantangan menyeluruh yang dihadapi pemerintah.


Secara umum, APBN mendukung program/kegiatan dalam bidang infrastruktur. Dukungan tersebut dapat bersifat langsung melalui alokasi pada belanja K/L, pada belanja non K/L, serta melalui alokasi kepada pemerintah daerah. Dukungan tidak langsung juga diberikan seperti pemberian penyertaan modal negara (PMN) pada BUMN dan pembeian jaminan pemerintah. Seminar ini diselenggarakan dalam 2 (dua) hari. Pada hari pertama, Seminar Diseminasi Kajian Tematik Efisiensi dan Efektivitas Pembangunan Infrastruktur Jalan, Jembatan, dan Perumahan dengan materi yang disampaikan adalah Perbaikan Kualitas Infrastruktur Jalan dan Jembatan, Monitoring dan Evaluasi Infrastruktur Daerah, Alternatif Pembiayaan Infrastruktur, dan Public Expenditure Review (PER) Bidang Infrastruktur.


Pada hari kedua, Seminar Diseminasi Kajian Tematik Efisiensi dan Efektivitas Pembangunan Infrastruktur Sumber Daya Air, Air Bersih, dan Sanitasi dengan materi yang disampaikan adalah Infrastruktur Air Bersih dan Sanitasi Indonesia, Monitoring dan Infrastruktur Air Bersih dan Sanitasi Daerah, Indonesia Economic Quarterly (oktober 2017) Menutup Kesenjangan, dan Sumber Daya Air.

Dalam sambutannya, Direktur Jenderal Anggaran Askolani menyampaikan pentingnya seminar ini untuk mengetahui kekurangan-kekurangan sehingga dapat dilakukan perbaikan pada periode selanjutnya.

"Seminar ini penting untuk kita mengetahui apakah apa kekurangan yang telah kita lakukan saat ini untuk dapat dilakukan perbaikan. Dalam satu dua bulan ke depan pemerintah akan menyusun rencana kerja pemerintah tahun 2019 termasuk menyusun pagu indikatif yang tentunya kita tahu itu masa transisi pergantian pemerintahan yang baru. Kita tahu bahwa pemerintah saat ini sudah lebih fokus untuk melakukan perubahan yang signifikan dari sisi rencana kerja pembangunan dan penganggaran menjadi belanja-belanja yang lebih produktif", papar Askolani

"Infrastruktur itu menjadi modal. Sifatnya sangat sustainable. Itu menjadi basic untuk percepatan pembangunan Indonesia. Agar pertumbuhan ekonomi bisa meningkat lagi, yang menjadi dasar adalah infrastruktur. Investasi tidak akan masuk, ekonomi tidak bergerak, wilayah bisa tertinggal kalau tidak ada terobosan membangun infrastruktur", imbuhnya. (cys)


01/02/2018 15:47:44




Liputan


Tingkatkan Pemahaman Mitra Kerja melalui Bimbingan Teknis Sektoral



Kenali, Hindari, dan Laporkan



Dirjen Anggaran Tegaskan Peran APIP Dalam Pengawasan Pengelolaan PNBP



Evaluasi Kinerja Anggaran Untuk Memperbaiki Kinerja dan Alokasi Menuju Efisiensi



UU PNBP : Optimalisasi, Penyederhanaan, dan Tata Kelola



Sosialisasi Kebijakan Penganggaran dan Aplikasi SATUANGGARAN



UNDANG-UNDANG NOMOR 9 TAHUN 2018 TENTANG PENERIMAAN NEGARA BUKAN PAJAK



Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi



Jawaban Pemerintah Atas Pemandangan Fraksi-Fraksi Terhadap NK dan RAPBN 2019



Infografis: APBN untuk Asian Games XVIII



Aplikasi Satu DJA, Integrasi Seluruh Aplikasi DJA



Pemandangan Umum RUU APBN TA 2019 Beserta NK



Nota Keuangan dan RAPBN 2019



Sampaikan Untuk Perbaikan



Teknis Pelaksanaan Evaluasi Kinerja Anggaran






 



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN




Copyright 2011 Kementerian Keuangan RI - DJA - Pusintek - 2011 | Disarankan untuk menggunakan browser yang populer dan versi terbaru

Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan RI ini ditulis oleh R. Koswara Adisaputra, Alfa Andrew Jason Bulo untuk Kementerian Keuangan RI pada Agustus 2011