Bahan Internalisasi Penelaahan Pada Level Detil dan Penyusunan PM pada Tahap Alokasi Anggaran, dapat di-unduh di sini




Kunjungan Mahasiswa Universitas Pancasila




Jakarta - Ruang Achmad Rochjadi Direktorat Jenderal Anggaran mendadak ramai dan penuh sesak pada hari Senin (22/1) kemarin. Ternyata sejumlah 35 mahasiswa dari Universitas Pancasila Jakarta Selatan mendatangi Direktorat Jenderal Anggaran. Mereka mengaku mengunjungi Gedung Sutikno Slamet, kantor Direktorat Jenderal Anggaran, dalam rangka Kunjungan Industri yang merupakan program tahunan. Rombongan mahasiswa ini berasal dari Program Studi Akuntansi serta Perpajakan Program Diploma III, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pancasila.


Dalam kunjungan mahasiswa ini, rombongan disambut oleh Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana Sekretariat DJA. Kunjungan industri berformat diskusi kelas, dengan narasumber Haris Efendi, kepala seksi di Direktorat Sistem Penganggaran. Tak hanya itu, Krisna Murti, kepala seksi di Direktorat Penyusunan APBN juga menjadi narasumber pada sesi kedua.

Sesi pertama diskusi dipandu oleh Haris Efendi dengan membawakan materi organisasi dan tugas fungsi Kementerian Keuangan serta Direktorat Jenderal Anggaran dalam kaitannya dengan pengelolaan keuangan negara. Sesi kedua dipandu oleh Krisna Murti dengan materi siklus penganggaran/APBN di Indonesia. Selain pemaparan materi dan diskusi, Krisna Murti juga memandu kuis yang memeriahkan suasana diskusi.

Para peserta, baik mahasiswa maupun pembimbing mengaku merasakan banyak manfaat atas kegiatan ini. Mahasiswa menjadi semakin mengerti akan sistem pengelolaan keuangan negara melalui penganggaran, serta mendapatkan banyak informasi mengenai peran Kementerian Keuangan, maupun khususnya Direktorat Jenderal Anggaran. (hya)

23/01/2018 17:13:06




Liputan


Tingkatkan Pemahaman Mitra Kerja melalui Bimbingan Teknis Sektoral



Kenali, Hindari, dan Laporkan



Dirjen Anggaran Tegaskan Peran APIP Dalam Pengawasan Pengelolaan PNBP



Evaluasi Kinerja Anggaran Untuk Memperbaiki Kinerja dan Alokasi Menuju Efisiensi



UU PNBP : Optimalisasi, Penyederhanaan, dan Tata Kelola



Sosialisasi Kebijakan Penganggaran dan Aplikasi SATUANGGARAN



UNDANG-UNDANG NOMOR 9 TAHUN 2018 TENTANG PENERIMAAN NEGARA BUKAN PAJAK



Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi



Jawaban Pemerintah Atas Pemandangan Fraksi-Fraksi Terhadap NK dan RAPBN 2019



Infografis: APBN untuk Asian Games XVIII



Aplikasi Satu DJA, Integrasi Seluruh Aplikasi DJA



Pemandangan Umum RUU APBN TA 2019 Beserta NK



Nota Keuangan dan RAPBN 2019



Sampaikan Untuk Perbaikan



Teknis Pelaksanaan Evaluasi Kinerja Anggaran






 



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN




Copyright 2011 Kementerian Keuangan RI - DJA - Pusintek - 2011 | Disarankan untuk menggunakan browser yang populer dan versi terbaru

Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan RI ini ditulis oleh R. Koswara Adisaputra, Alfa Andrew Jason Bulo untuk Kementerian Keuangan RI pada Agustus 2011