Bahan Workshop Penyesuaian Angka Dasar TA 2019 dalam rangka Penyusunan Pagu Indikatif TA 2019 dapat di-unduh di sini




DJA Mendengar (Menuju Penganggaran yang Efektif dan Efisien)




Jakarta - Acara DJA Mendengar yang diselenggarakan oleh DJA pada hari Rabu (30/8) adalah acara DJA Mendengar pada tahun kedua yang diselenggarakan oleh DJA. Acara yang diselenggarakan di Gedung Dhanapala ini menyajikan tema "Dengan kerja bersama mewujudkan penganggaran yang efektif dan efisien dalam rangka mendukung pembangunan nasional". Acara ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan pelayanan DJA kepada Kementerian/Lembaga (K/L) dan untuk mendapat masukan dari K/L mengenai penganggaran.


“Kami perlu mendapatkan masukan informasi kira kira hal hal apa saja yang masih diperlukan perbaikan”, ujar Direktur Anggaran Bidang Polhukhankam dan BA BUN Dwi Pudjiastuti Handayani dalam sambutannya.

Acara DJA Mendengar ini juga merupakan salah satu sinergi yang dilakukan untuk dapat mewujudkan tujuan bernegara terutama dalam hal pengelolaan keuangan negara dalam bentuk APBN.

“Bagaimanapun juga, kita harus sinergi dimana kami yang ada di DJA sebagai salah satu unit yang diberikan amanah harus bisa melayani bapak dan ibu sekalian di K/L dalam rangka mewujudkan seluruh tujuan kita dalam bernegara, utamanya sebagaimana yang sudah disampaikan oleh Bapak Presiden dalam beberapa pertemuan bahwa seluruh APBN akan digunakan untuk kesejahteraan rakyat”, urainya.


Dalam kesempatan ini, Direktur Penyusunan APBN And. Kunta Wibawa Dasa Nugraha juga menyampaikan hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam penyusunan APBN. APBN adalah alat pemerintah untuk mempengaruhi jalannya perekonomian menuju kesejahteraan rakyat. Salah satu fungsi APBN adalah alokasi anggaran dengan efektif dan efisien.

“Hal-hal penting yang harus diperhatikan antara lain kesesuaian output dalam berbagai dokumen, sinergi perencanaan dan pelaksanaan belanja pemerintah Pusat dan pemerintah daerah, fokus pada pencapaian target, dengan tetap menjaga efisiensi, monitoring dan evaluasi capaian kinerja, serta strategi komunikasi yang efektif dalam publikasi dan diseminasi program-program pembangunan”, urai Kunta dalam penjelasannya.

Berdasarkan masukan dari acara DJA Mendengar tahun lalu, DJA melakukan perbaikan untuk meningkatkan pelayanan yang dilakukan DJA.

Direktur Anggaran Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Purwanto menyampaikan bahwa peningkatan pelayanan yang dilakukan DJA berdasarkan masukan acara DJA mendengar tahun lalu. Beberapa penyempurnaan dilakukan terkait penyederhanaan proses bisnis, sinergi DJA- Bappenas, peningkatan kapasitas SDM DJA, penyempurnaan regulasi, serta dukungan teknologi informasi.

Hal ini merupakan salah satu bentuk sinergi yang dilakukan DJA untuk memperbaiki layanannya.

“Kami ini sebagai penjaga gawang supaya tidak kebobolan APBN-nya , dan sebagai satu tim harus kerja bareng, bersama harus saling memberi masukan, harus saling support dan harus ada saling pengertian. Untuk itu perlu menjaga berkomunikasi dan harus saling memberi informasi”, ungkapnya. (cys)

Klik untuk mengunduh :
Lampiran 1 - DJA Mendengar (RAPBN 2018)
Lampiran 2 - DJA Mendengar (Terobosan DJA)


05/09/2017 10:57:20




Liputan


DJA Serahkan Bingkisan Idul Fitri 1439H



Peningkatan Pengawasan PNBP



Perubahan PMK Nomor 49/PMK.02/2017 tentang SBM TA 2018



Esensi Pengaturan Dalam PMK NOMOR 190/PMK.02/2017



Peran Aktif DJA pada 2018 PEMNA Plenary Conference -Cambodia



Forum DJA Bersama Mitra Kerja Dalam Rangka Perbaikan Layanan DJA



Pencanangan Zona Integritas Menuju WBK Dan WBBM



Peningkatan Efisiensi dan Efektivitas Belanja Infrastruktur



SINERGI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENGANGGARAN SATKER



Sosialisasi Jabatan Fungsional Analis Anggaran



BGTC Batam : APBN #UangKita dari kita untuk kita



Sosialisasi PMK Monev Penggunaan Dana BUN



Pembiayaan Anggaran, Bukan Sekedar Defisit dan Utang



Mahasiswa FISIP UMM Pelajari Proses Penyusunan APBN



ADBI Workshop 2018 : Designing Effective Social Health Security System






 



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN




Copyright 2011 Kementerian Keuangan RI - DJA - Pusintek - 2011 | Disarankan untuk menggunakan browser yang populer dan versi terbaru

Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan RI ini ditulis oleh R. Koswara Adisaputra, Alfa Andrew Jason Bulo untuk Kementerian Keuangan RI pada Agustus 2011