Bahan Workshop Penyesuaian Angka Dasar TA 2019 dalam rangka Penyusunan Pagu Indikatif TA 2019 dapat di-unduh di sini




Jawaban Pemerintah Atas Pemandangan Umum DPR RI Terhadap RUU APBN 2018




Jakarta - Pemerintah yang diwakili oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan jawaban Pemerintah atas pemandangan umum Fraksi-Fraksi Dewan Perwakilan Rakyat mengenai Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara tahun 2018 dalam Rapat Paripurna DPR RI tanggal 31 Agustus 2017.

Dalam pidatonya dihadapan anggota Dewan, Menteri Keuangan menyampaikan strategi kebijakan fiskal yang akan dilaksanakan melalui tiga kebijakan utama yaitu: Pertama, mendorong peningkatan pendapatan negara melalui optimalisasi penerimaan perpajakan serta pengelolaan sumber daya alam dan aset negara yang lebih baik. Kedua, melakukan penguatan kualitas belanja negara melalui peningkatan kualitas belanja modal yang produktif, efisiensi belanja nonprioritas seperti belanja barang dan subsidi yang harus tepat sasaran, sinergi antara program perlindungan sosial, menjaga dan refocusing anggaran prioritas seperti infrastruktur, pendidikan, kesehatan, serta penguatan kualitas desentralisasi fiskal untuk pengurangan kesenjangan dan perbaikan pelayanan publik. Ketiga, keberlanjutan dan efisiensi pembiayaan, yang dilakukan melalui pengendalian defisit dan rasio utang, defisit keseimbangan primer yang semakin menurun, dan pengembangan creative financing, seperti melalui skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

Selain itu, Pemerintah juga menyampaikan jawaban terkait asumsi dasar ekonomi makro, target penerimaan perpajakan, alokasi dan sarana program perlindungan sosial, alokasi dan sarana pembangunan infrastruktur, Transfer ke Daerah dan Dana Desa, dan pengelolaan utang negara. Terlampir kami sampaikan Jawaban Pemerintah Atas Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi DPR-RI Terhadap RUU APBN Tahun 2018 beserta Nota Keuangannya.

Klik untuk mengunduh :
Jawaban Pemerintah Atas Pemandangan Umum DPR RI Terhadap RUU APBN 2018


31/08/2017 16:49:32




Liputan


DJA Serahkan Bingkisan Idul Fitri 1439H



Peningkatan Pengawasan PNBP



Perubahan PMK Nomor 49/PMK.02/2017 tentang SBM TA 2018



Esensi Pengaturan Dalam PMK NOMOR 190/PMK.02/2017



Peran Aktif DJA pada 2018 PEMNA Plenary Conference -Cambodia



Forum DJA Bersama Mitra Kerja Dalam Rangka Perbaikan Layanan DJA



Pencanangan Zona Integritas Menuju WBK Dan WBBM



Peningkatan Efisiensi dan Efektivitas Belanja Infrastruktur



SINERGI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENGANGGARAN SATKER



Sosialisasi Jabatan Fungsional Analis Anggaran



BGTC Batam : APBN #UangKita dari kita untuk kita



Sosialisasi PMK Monev Penggunaan Dana BUN



Pembiayaan Anggaran, Bukan Sekedar Defisit dan Utang



Mahasiswa FISIP UMM Pelajari Proses Penyusunan APBN



ADBI Workshop 2018 : Designing Effective Social Health Security System






 



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN




Copyright 2011 Kementerian Keuangan RI - DJA - Pusintek - 2011 | Disarankan untuk menggunakan browser yang populer dan versi terbaru

Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan RI ini ditulis oleh R. Koswara Adisaputra, Alfa Andrew Jason Bulo untuk Kementerian Keuangan RI pada Agustus 2011