Bahan Workshop Penyesuaian Angka Dasar TA 2019 dalam rangka Penyusunan Pagu Indikatif TA 2019 dapat di-unduh di sini




SMKN 1 Cihampelas Belajar Pelaporan Keuangan Pemerintah




Jakarta – Pada hari Rabu, tanggal 9 Agustus 2017, 76 siswa kelas XI dan 4 guru pembimbing dari SMK Negeri 1 Cihampelas Kabupaten Bandung Barat mengunjungi Direktorat Jenderal Anggaran dalam rangkaian kegiatan Kunjungan Industri Tahun Ajaran 2017 - 2018. Bertempat di aula lantai 20 Gedung Sutikno Slamet, para siswa dan guru disambut oleh panitia dari Sekretariat Direktorat Jenderal Anggaran. Acara ini dibuka oleh Kepala Subbagian Pengelolaan Kinerja dan Pelaporan, dengan sebelumnya mendapat sambutan dari perwakilan pembimbing siswa, bapak Toni Rizwan.


Kegiatan Kunjungan Industri ini diisi dengan penyampaian materi, tanya jawab, dan kuis berhadiah. Materi disampaikan oleh narasumber dari Subbagian Akuntansi, Pelaporan Keuangan, dan Gaji, Bagian Perencanaan dan Keuangan, serta Subbagian Pengadaan dan Pengelolaan Barang Milik Negara, Bagian Umum, Sekretariat Direktorat Jenderal Anggaran. Para narasumber menyampaikan materi terkait gambaran umum proses bisnis dan pelaksanaan penyusunan laporan keuangan pemerintah khususnya di Direktorat Jenderal Anggaran dan Pemerintah pada umumnya. Selain itu, pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) juga dijelaskan secara singkat kepada para peserta kegiatan.

Selain penyampaian materi, para siswa juga diajak untuk bermain kuis interaktif. Kuis ini tak hanya sebagai sarana ice breaking selama kegiatan, tetapi juga sebagai sarana menambah wawasan. Kuis berisikan pertanyaan terkait ilmu akuntansi dasar secara umum, hal-hal yang telah disampaikan pemateri, serta ilmu pengetahuan umum.

Melalui kegiatan Kunjungan Industri ini, para guru pembimbing sebagai perwakilan SMK Negeri 1 Cihampelas maupun Direktorat Jenderal Anggaran berharap para siswa mendapatkan wawasan baru mengenai ilmu dan praktik akuntansi yang diterapkan di entitas publik. Para siswa menjadi mengerti akan perbedaan penerapan ilmu akuntansi pemerintah dengan akuntansi yang diterapkan secara luas di sektor privat/swasta. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan sebagai sarana mempererat komunikasi dan kerja sama antara institusi pemerintah dengan institusi pendidikan pada umumnya. (hya)


10/08/2017 8:20:13




Liputan


Menata Asa di Olimpiade APBN



#InovasiDJATiadaHenti



BGTC 2018 : APBN Untuk Mendorong Investasi dan Daya Saing



Edukasi APBN 2018



FGD Sinergi Perencanaan dan Penganggaran



DJA Serahkan Bingkisan Idul Fitri 1439H



Peningkatan Pengawasan PNBP



Perubahan PMK Nomor 49/PMK.02/2017 tentang SBM TA 2018



Esensi Pengaturan Dalam PMK NOMOR 190/PMK.02/2017



Peran Aktif DJA pada 2018 PEMNA Plenary Conference -Cambodia



Forum DJA Bersama Mitra Kerja Dalam Rangka Perbaikan Layanan DJA



Pencanangan Zona Integritas Menuju WBK Dan WBBM



Peningkatan Efisiensi dan Efektivitas Belanja Infrastruktur



SINERGI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENGANGGARAN SATKER



Sosialisasi Jabatan Fungsional Analis Anggaran






 



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN




Copyright 2011 Kementerian Keuangan RI - DJA - Pusintek - 2011 | Disarankan untuk menggunakan browser yang populer dan versi terbaru

Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan RI ini ditulis oleh R. Koswara Adisaputra, Alfa Andrew Jason Bulo untuk Kementerian Keuangan RI pada Agustus 2011