Sosialisasi Pokok-Pokok Perbaikan Tata Cara Revisi Anggaran TA 2018




Bimbingan Teknis Penelaahan RKAK/L Online demi Peningkatan Partisipasi K/L




JAKARTA - “Jika tahun lalu partisipasi Kementerian Lembaga (K/L) hanya sebesar 50 persen dan itupun hanya diwakili beberapa satker dalam satu K/L, maka tahun ini kami targetkan semua satker dalam 76 K/L dapat berpartisipasi dalam penggunaan aplikasi RKAKL Online”, kata Purwanto, Direktur Anggaran bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan dalam Sosialisasi Penelaahan RKAK/L Online TA 2018 di Aula lantai 20 Gedung Sutikno Slamet (12/7). Acara ini diselenggarakan dalam rangka memberikan pemahaman mengenai penggunaan aplikasi penelaahan RKAK/L secara online yang akan diimplementasikan untuk penyusunan anggaran 2018. Adapun peserta sosialisasi tersebut terdiri atas perwakilan seluruh K/L sejumlah 250 orang.

Dalam sosialisasi ini dijelaskan bahwa aplikasi RKAKLDIPA Online merupakan sebuah sistem informasi berbasis web di lingkup Ditjen Anggaran yang digunakan oleh unit teknis DJA, unit eselon I K/L dan satker yang berada di bawah sebuah K/L untuk mengakses informasi mengenai referensi program, kegiatan, output sebuah satker, mengunduh ADK RKAKL hasil dari proses revisi RKAKL, serta melakukan penelaahan secara online antara Unit Eselon I K/L dengan DJA DAN Bappenas. Aplikasi RKAKLDIPA Online ini sendiri terdiri dari 5 modul yaitu modul referensi, modul RKAKL, modul penelaahan online, modul download ADK dan PDF DIPA RKAKL serta modul Utility.


Aplikasi ini dapat diakses dari komputer /PC yang terhubung dengan internet atau intranet Kementerian Keuangan dan telah terinstall Internet Browser. Internet Browser yang disarankan adalah Mozilla Firefox. Untuk memulai aplikasi, dapat dilakukan dengan cara mengetikkan url http://rkakldipa.anggaran.depkeu.go.id di kotak alamat browset. Setelah itu K/L dapat memasukan user ID, password serta tahun anggaran pada halaman log in.

Forum ini diharapkan juga dapat menjadi ajang sharing dan pemberian testimoni dari para user mengenai kelebihan dan kelemahan aplikasi. Diharapkan saat penelaahan pada tanggal 17-28 Juli nanti, proses penelaahan dapat dilakukan dengan lebih cepat karena tidak perlu ada antrian seperti saat penelaahan tatap muka. Meskipun demikian, tetap harus dibuat kesepakatan mengenai waktu online antara K/L dengan DJA. Pada akhir sesi, percakapan awal sampai dengan selesai akan ditampilkan. Selain itu, proses penelaahan kini dapat dimonitor secara hirarki. (sppd)



19/07/2017 6:39:13




Liputan


Hari Anti Korupsi Sedunia Tahun 2017



Evaluasi Pelaksanaan Tugas DJA 2017 dan Penyerahan Penghargaan Kepada Pegawai DJA



Perspektif Faisal Basri atas Perkonomian Indonesia



Penyerahan Dokumen DIPA tahun 2018



PNBP AWARDS TAHUN 2017



Upaya Meningkatkan Kualitas Belanja Bidang Pendidikan



Tiga Dirjennya Bersinergi, Sri Mulyani : "Spektakuler !"



Sekilas Tentang Analisis Kebijakan Belanja Publik/Negara



Kemenkeu Menjawab Salah Info Soal RUU PNBP



Upaya DJA Mewujudkan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi



SMK Sangkuriang I Cimahi Pelajari Pengelolaan Anggaran Negara



Kerja Bersama Mewujudkan Penganggaran yang Efisien dan Efektif



STIMIK ESQ Perdalam Pemahaman Pengelolaan Keuangan Negara



Sosialisasi Implementasi Segmen Akun Baru Dalam BAS



Budget Goes To Campus PKN STAN






 



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN




Copyright 2011 Kementerian Keuangan RI - DJA - Pusintek - 2011 | Disarankan untuk menggunakan browser yang populer dan versi terbaru

Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan RI ini ditulis oleh R. Koswara Adisaputra, Alfa Andrew Jason Bulo untuk Kementerian Keuangan RI pada Agustus 2011