Bahan Sosialisasi Pokok-Pokok Petunjuk Penyusunan dan Penelaahan RKA-K/L dan Pengesahan DIPA dapat diunduh disini




Upaya DJA Mendukung Tata Kelola Pengawasan Intern




Jakarta - Pada tanggal 9 Mei 2017, Direktorat Jenderal Anggaran (DJA) menggelar Sosialisasi Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 237/PMK.09/2016 tentang Tata Kelola Pengawasan Intern di lingkungan Kementerian Keuangan bertempat di Aula Gedung Sutikno Slamet Lantai 20. Acara tersebut dihadiri oleh para pejabat eselon II, para pejabat eselon III dan perwakilan pejabat eselon IV dan perwakilan pelaksana di lingkungan DJA. Sosialisasi ini merupakan pelaksanaan salah satu program Strategi Komunikasi dan Pendidikan Budaya Anti Korupsi (STRAKOM PBAK) DJA Tahun 2017 yang bertujuan mewujudkan sikap dan perilaku anti korupsi para pegawai DJA dalam mendukung penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme.

Acara dibuka oleh Direktur Jenderal Anggaran, Bapak Askolani. Pada kesempatan tersebut, Direktur Jenderal Anggaran memberikan arahan kepada seluruh jajaran DJA untuk mengikuti, memahami, menyimak dan melaksanakan dengan baik materi sosialisasi. Selain hal tersebut, Beliau mengajak jajaran DJA secara konsiten memperbaiki dan mengevaluasi kualitas pekerjaan sebagaimana komitmen pimpinan Menteri Keuangan dan Inspektorat Jenderal dapat berperan sebagai counter part bagi unit eselon I dalam melaksanakan reformasi.




Selanjutnya, Bapak Raden Patrick Wahyu Dwi Saksono, Inspektur V Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan memberikan Keynote Speech yang menyampaikan peran Internal Audit ke depan dalam mengawal pengelolaan keuangan Negara melalui penjagaan Governance, Risk and Control. Peran tersebut diwujudkan melalui proses menjalin sinergi dan reposisi (Sinergy and Reposition) peran Inspektorat Jenderal sebagai katalisator dan berkolaborasi dengan unit eselon I dalam penyusunan kebijakan organisasi. Selain itu, Inspektorat Jenderal akan membangun kepercayan Klien Pengawasan (auditi) yang diwujudkan sebagai mitra dalam pemberian advis atas kebijakan yang akan diterbitkan mau[un dalam evaluasi kebijakan. Selanjutnya Inspektorat Jenderal akan berupaya membangun "The True Partnership" yaitu membangun kemitraan atas dasar kepercayaan Klien Pengawasan serta pemenuhan ekspektasi para pemangku kepentingan (stakeholder).




Materi sosialisasi PMK Nomor 237/PMK.09/2016 dipaparkan oleh Bapak Ahmad Ghufron, Kepala Bagian Organisasi dan Analisis Hasil Pengawasan Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan. Pada sesi paparan disampaikan secara komprehensif keseluruhan aturan terkait tata kelola pengawasan intern di lingkungan Kementerian Keuangan khususnya pembagian peran, tugas dan tanggungjawab antara Auditor dan Klien Pengawasan. Acara diakhiri dengan kuis interaktif yang menarik dan sesi tanya jawab. (drh)



10/05/2017 16:05:28




Liputan


Menkeu Sampaikan Pendapat Akhir RUU APBNP 2017 pada Rapat Paripurna DPR-RI



Konsep Dasar Avaibility Payment dan Implikasinya terhadap Penganggaran



Realisasi Semester I Pelaksanaan APBN 2017



Semester I 2017, PNBP Mencapai Rp146,1 Triliun



Laporan Pemerintah tentang Pelaksanaan APBN Semester I 2017



RAPBN Perubahan Tahun 2017



Sosialisasi Pokok-Pokok Petunjuk Penyusunan dan Penelaahan RKAKL



Bimbingan Teknis Penelaahan RKAK/L Online demi Peningkatan Partisipasi K/L



Kunjungan PKN STAN ke DJA



Status Badan Hukum Publik BPJS dan Penerapannya dalam Penyelenggaraan Jaminan Sosial Oleh BPJS



Penyetoran Iuran Jaminan Kesehatan BPJS melalui SIMPONI



Perlindungan Jaminan Kesehatan pada PPNPN



Komitmen Pengendalian Gratifikasi



Laporan Perkembangan Perekonomian Indonesia Bulan April 2017



Sosialisasi APBN di Waingapu: Sinergi 3 Instansi






 



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN




Copyright 2011 Kementerian Keuangan RI - DJA - Pusintek - 2011 | Disarankan untuk menggunakan browser yang populer dan versi terbaru

Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan RI ini ditulis oleh R. Koswara Adisaputra, Alfa Andrew Jason Bulo untuk Kementerian Keuangan RI pada Agustus 2011