PMK No. 10 Tahun 2017 tentang Tata Cara Revisi Anggaran Tahun Anggaran 2017 dapat diunduh disini




Semarak Gerakan Literasi APBN di Bulan April 2017




Jakarta - Pemahaman masyarakat tentang APBN menjadi sebuah keniscayaan dalam era pemerintahan yang ingin mewujudkan peran serta masyarakat dalam implementasi maupun penyusunan kebijakan APBN. Hal ini menjadi concern Kementerian Keuangan khususnya Direktorat Jenderal Anggaran untuk memberikan literasi APBN ke berbagai kalangan. Gerakan ini ditopang degan berbagai kebijakan pemerintah yang ingin memberikan pemerataan pembangunan nasional ke seluruh Indonesia. Dengan dibarengi pendidikan APBN, maka masyarakat diharapkan memiliki peran lebih aktif dalam mengawasi, memanfaatkan secara optimal, dan memberikan masukan bagi pembangunan nasional.

Dalam menyukseskan program literasi APBN, DJA telah melaksanakan dua jenis kegiatan dalam gerakan literasi APBN di bulan April 2017. Pertama, Budget goes to campus yang diselenggarakan di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mitra/Akademi Akuntansi dan Manajemen Mitra, Bandang Lampung, dan DJA Menyapa yang diselenggarakan di berbagai daerah di Indonesia. Dengan kegiatan dimaksud ditargetkan terdapat 400 peserta yang akan mendapatkan pengetahuan dasar tentang APBN dari para praktisi DJA.

Budget Goes to Campus di Bandar Lampung

Kegiatan BGTC sendiri dilaksanakan pada hari Rabu, 12 April 2017 di Aula Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mitra/Akademi Akuntansi dan Manajemen Mitra, Bandang Lampung. Warna jaket kuning yang menjadi seragam kebanggaan mahasiswa perguruan tinggi tersebut menambah suasana semarak acara dimaksud. Maria Septijantini Alie, Direktur program Akademi Akuntansi dan Manajemen Mitra Lampung menyambut baik pelaksanaan kegiatan dimaksud.


“Kami sangat mengapresiasi kegiatan semacam ini. Tentu diharapkan dapat berjalan kontinyu. Selain itu alangkah baiknya apabila Kemenkeu dapat menerima mahasiswa kami untuk dapat magang, sehingga dapat mengetahui proses penyusunan APBN secara langsung” kata Maria dalam sambutannya di depan narasumber dan peserta.

DJA Menyapa


Dalam bulan April ini, direncanakan kegiatan DJA Menyapa pada 5 SMA di daerah. Untuk zona Sumatera, telah dimulai dengan SMAN 1 Manggar, Belitung Timur. Selain itu, sekolah-sekolah yang akan dikunjungi adalah SMAN Gedangan (Sidoarjo), SMAN 1 Tegal (Jawa Tengah), SMAN 4 Balikpapan (Kalimantan Timur), SMAN 2 Jombang (Jawa Timur). Kegiatan DJA Menyapa tahap pertama ini akan dilakukan sampai dengan bulan Mei 2017, dan akan dilanjutkan kembali pada bulan Oktober dan November 2017, setelah penetapan APBN tahun 2018. (papbn)


20/04/2017 8:16:07




Liputan


Perubahan Batas Waktu Penyampaian Usulan Standar Biaya Keluaran TA 2018



Upaya DJA Mendukung Tata Kelola Pengawasan Intern



Analisa Anggaran Menuju Research Based Policy



Pemna V : Alokasi Anggaran yang Efektif untuk Sektor Pendidikan



Batas Akhir Revisi Anggaran Penyelesaian Kegiatan yang Ditunda Tahun Anggaran 2016



Sosialisasi Dan Worskshop Manajemen Risiko Di Lingkungan DJA Tahun 2017



Change Words, Change World



Kebijakan Pensiun Yang Lebih Baik Untuk PNS



Memperkaya Khasanah Transparansi APBN dalam Open Budget Survey 2017



Menjaga Kesinambungan Fiskal Dan Pembangunan Nasional



Bedah Buku Parenthink Karya Mona Ratuliu



Daulat Rakyat atas APBN Semakin Cepat Melalui Teknologi Informasi



Batas Akhir Revisi Anggaran Usul Penggunaan Dana Keluaran (Output) Cadangan



Konsolidasi Untuk Mewujudkan Zona Integritas



DJA Menyapa : Misi Pemerataan Edukasi APBN






 



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN




Copyright 2011 Kementerian Keuangan RI - DJA - Pusintek - 2011 | Disarankan untuk menggunakan browser yang populer dan versi terbaru

Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan RI ini ditulis oleh R. Koswara Adisaputra, Alfa Andrew Jason Bulo untuk Kementerian Keuangan RI pada Agustus 2011