PMK No. 10 Tahun 2017 tentang Tata Cara Revisi Anggaran Tahun Anggaran 2017 dapat diunduh disini




Daulat Rakyat atas APBN Semakin Cepat Melalui Teknologi Informasi




Jakarta - Reformasi birokrasi telah memunculkan banyak inovasi yang berdampak positif di negeri ini. Hal itu tampak dalam seminar dan pameran yang bertajuk “Innovation in Public Services Through Open Data” yang digelar di Ruang Serbaguna, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi pada hari Rabu (22/3). Acara tersebut diikuti oleh Kementerian/Lembaga, Pemerintahan Daerah, dan Lembaga Swadaya Masyarakat yang telah menjalankan inovasi di bidang pelayanan publik yang berbasis teknologi informasi atau sering disebut open data.


Dalam pameran tersebut, DJA mewakili Kementerian Keuangan menyajikan Portal Data APBN. Portal data APBN yang menyajikan data-data komponen APBN dalam bentuk excel atau csv sehingga mudah untuk diunduh oleh para pengguna. Selain itu, dilakukan sosialisasi atas gerakan literasi APBN melalui program edukasi-edukasi pada kelompok masyarakat.

Selain itu, produk inovasi unggulan yang disajikan dalam kegiatan ini adalah LAPOR (Kantor Staf Presiden, Ombudsman, dan Kementerian PAN RB), Pelayanan haji dan Umrah serta (Kementerian Agama). Sedangkan dari Pemerintahan Daerah yakni Smart City (Jakarta), Bandung Integrated Resources Management System/BIRMS (Kota Bandung), Pontianak Bangge (Kota Pontianak), Festival Anggaran (Kabupaten Batang, Jawa Tengah), serta Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia. Sedangkan peserta dari lembaga swadaya masyarakat yakni Seknas FITRA, Open Data Labs Jakarta, Radyalabs, dan Produk tanyoe.

“Portal data APBN sendiri baru dibangun pada September 2016. Artinya portal ini masih akan terus dikembangkan dan di-update sehingga dapat yang diharapkan sebagaimana rencana aksi transparansi anggaran yang telah DJA gariskan. Sedangkan program edukasi-edukasi APBN justru telah dilakukan lebih dulu (dari portal data)” tutur Wawan Sunarjo, Kasubdit Data dan Dukungan Teknis Penyusunan APBN di hadapan peserta seminar tersebut.

Selain unjuk produk, para peserta banyak yang saling belajar keunggulan atas dunia teknologi informasi yang semakin cepat. Dengan adanya Inovasi-inovasi yang memudahkan akses data khususnya APBN, maka daulat rakyat atas APBN dapat diwujudkan. Dengan kemudahan akses data dan edukasi APBN, maka diharapkan rakyat dapat berperan aktif untuk mengawasi segenap pembangunan nasional di seluruh Indonesia.(papbn)


23/03/2017 9:45:59




Liputan


Batas Akhir Revisi Anggaran Penyelesaian Kegiatan yang Ditunda Tahun Anggaran 2016



Semarak Gerakan Literasi APBN di Bulan April 2017



Sosialisasi Dan Worskshop Manajemen Risiko Di Lingkungan DJA Tahun 2017



Change Words, Change World



Kebijakan Pensiun Yang Lebih Baik Untuk PNS



Memperkaya Khasanah Transparansi APBN dalam Open Budget Survey 2017



Menjaga Kesinambungan Fiskal Dan Pembangunan Nasional



Bedah Buku Parenthink Karya Mona Ratuliu



Batas Akhir Revisi Anggaran Usul Penggunaan Dana Keluaran (Output) Cadangan



Konsolidasi Untuk Mewujudkan Zona Integritas



DJA Menyapa : Misi Pemerataan Edukasi APBN



APBN yang Lebih Kredibel dan Berkualitas di Tengah Ketidakpastian Global



DJA Perkuat Kerangka Transparansi Fiskal



Focus Group Discussion Kerja Sama DJA dengan BPJS Kesehatan



Kesinambungan Program Pensiun dan Layanan Kesehatan






 



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN




Copyright 2011 Kementerian Keuangan RI - DJA - Pusintek - 2011 | Disarankan untuk menggunakan browser yang populer dan versi terbaru

Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan RI ini ditulis oleh R. Koswara Adisaputra, Alfa Andrew Jason Bulo untuk Kementerian Keuangan RI pada Agustus 2011