Bahan Workshop Penyesuaian Angka Dasar TA 2019 dalam rangka Penyusunan Pagu Indikatif TA 2019 dapat di-unduh di sini




APBN yang Lebih Kredibel dan Berkualitas di Tengah Ketidakpastian Global






Jakarta - “Salah satu tujuan bernegara adalah memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Oleh karena itu, APBN yang ditetapkan harus mencerminkan hal ini. Perencanaan APBN dilakukan dengan seksama sehingga bisa mencapai kesejahteraan masyarakat dan adil dan makmur. APBN disusun dengan memeprhatikan prioritas untuk mengurangi kesenjangan, pengentasan kemiskinan, menciptakan kesempatan kerja, dan pertumbuhan ekonomi”, urai Kasubdit Data dan Dukungan Teknis Penyusunan APBN Wawan Sunarjo pada acara Budget Goes to Campus di Universitas Sriwijaya Palembang para Rabu (18/3). Tema acara ini adalah APBN yang Lebih Kredibel dan Berkualitas di Tengah Ketidakpastian Global.

Untuk mengurangi disparitas pengetahuan mengenai penyusunan APBN, DJA membuat Budget Learning Center (BLC). “Dengan BLC ini diharapkan masyarakat lebih memahami pentingnya APBN, sadar APBN, mempunyai rasa memiliki, dan memahami pentingnya sumber penerimaan negara terutama pajak dan bea cukai”, imbuhnya

Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya Prof. Dr. Taufiq, S.E. M.Si berharap agar acara ini bermanfaat bagi civitas academica, penyebaran pengetahuan mengenai perencanaan APBN yang lebih luas dan memperkaya pengetahuan terutama tentang keuangan negara.


Wakil Rektor Universitas Sriwijaya Bidang Umum dan Keuangan Mukhtaruddin, S.E., Ak., M.Si. pada kesempatan ini juga menyampaikan pentingnya pengetahuan mengenai aspek pengelolaan keuangan negara.

“Budget itu kadang-kadang mengerikan. Hal ini disebabkan pemahaman terhadap aspek pengelolaan keuangan negara yang masih rendah”, ujarnya.

Beberapa hal yang menjadi perhatian peserta acara ini adalah komponen APBN terutama komponen penerimaan, pengelolaan dana hibah, iklim investasi untuk kesejahteran masyarakat, anggaran pendidikan dan sasaran penggunaannya, alokasi dana desa dan realisasinya terutama sasaran yang harus dicapai, serta pemerataan pembangunan. (cys)


17/03/2017 16:33:15




Liputan


Internalisasi Peraturan Menteri Keuangan Nomor 214/PMK.02/2017



Kerjasama Pengelolaan Gaji dan Tunjangan Kinerja Pegawai DJA



DJA Perkenalkan APBN Pada Kunjungan SMPN 1 Kota Bogor



"best effort untuk kinerja yang lebih tinggi"



sosialisasi peraturan menteri keuangan nomor 193/pmk.02/2017



EFEKTIVITAS PROGRAM-PROGRAM PERLINDUNGAN SOSIAL



Efisiensi dan Efektivitas Pembangunan Infrastruktur



Jurnal Sistem Penganggaran Sektor Publik Volume 2, Tahun 2017



Jurnal Sistem Penganggaran Sektor Publik Volume 1, Tahun 2017



Kunjungan Mahasiswa Universitas Pancasila



Executive Gathering Kementerian Keuangan 2018



Mengevaluasi dan Menyiapkan Langkah-Langkah Perbaikan



Anak Kerdil, Potensi Masalah di Masa Depan



Integrasi Aplikasi Pengelolaan Keuangan



Seminar Hasil Kajian Bidang Kesehatan






 



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN




Copyright 2011 Kementerian Keuangan RI - DJA - Pusintek - 2011 | Disarankan untuk menggunakan browser yang populer dan versi terbaru

Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan RI ini ditulis oleh R. Koswara Adisaputra, Alfa Andrew Jason Bulo untuk Kementerian Keuangan RI pada Agustus 2011