Bahan Sosialisasi Pokok-Pokok Petunjuk Penyusunan dan Penelaahan RKA-K/L dan Pengesahan DIPA dapat diunduh disini




APBN yang Lebih Kredibel dan Berkualitas di Tengah Ketidakpastian Global






Jakarta - “Salah satu tujuan bernegara adalah memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Oleh karena itu, APBN yang ditetapkan harus mencerminkan hal ini. Perencanaan APBN dilakukan dengan seksama sehingga bisa mencapai kesejahteraan masyarakat dan adil dan makmur. APBN disusun dengan memeprhatikan prioritas untuk mengurangi kesenjangan, pengentasan kemiskinan, menciptakan kesempatan kerja, dan pertumbuhan ekonomi”, urai Kasubdit Data dan Dukungan Teknis Penyusunan APBN Wawan Sunarjo pada acara Budget Goes to Campus di Universitas Sriwijaya Palembang para Rabu (18/3). Tema acara ini adalah APBN yang Lebih Kredibel dan Berkualitas di Tengah Ketidakpastian Global.

Untuk mengurangi disparitas pengetahuan mengenai penyusunan APBN, DJA membuat Budget Learning Center (BLC). “Dengan BLC ini diharapkan masyarakat lebih memahami pentingnya APBN, sadar APBN, mempunyai rasa memiliki, dan memahami pentingnya sumber penerimaan negara terutama pajak dan bea cukai”, imbuhnya

Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya Prof. Dr. Taufiq, S.E. M.Si berharap agar acara ini bermanfaat bagi civitas academica, penyebaran pengetahuan mengenai perencanaan APBN yang lebih luas dan memperkaya pengetahuan terutama tentang keuangan negara.


Wakil Rektor Universitas Sriwijaya Bidang Umum dan Keuangan Mukhtaruddin, S.E., Ak., M.Si. pada kesempatan ini juga menyampaikan pentingnya pengetahuan mengenai aspek pengelolaan keuangan negara.

“Budget itu kadang-kadang mengerikan. Hal ini disebabkan pemahaman terhadap aspek pengelolaan keuangan negara yang masih rendah”, ujarnya.

Beberapa hal yang menjadi perhatian peserta acara ini adalah komponen APBN terutama komponen penerimaan, pengelolaan dana hibah, iklim investasi untuk kesejahteran masyarakat, anggaran pendidikan dan sasaran penggunaannya, alokasi dana desa dan realisasinya terutama sasaran yang harus dicapai, serta pemerataan pembangunan. (cys)


17/03/2017 16:33:15




Liputan


Realisasi Semester I Pelaksanaan APBN 2017



Semester I 2017, PNBP Mencapai Rp146,1 Triliun



Laporan Pemerintah tentang Pelaksanaan APBN Semester I 2017



RAPBN Perubahan Tahun 2017



Sosialisasi Pokok-Pokok Petunjuk Penyusunan dan Penelaahan RKAKL



Bimbingan Teknis Penelaahan RKAK/L Online demi Peningkatan Partisipasi K/L



Kunjungan PKN STAN ke DJA



Status Badan Hukum Publik BPJS dan Penerapannya dalam Penyelenggaraan Jaminan Sosial Oleh BPJS



Penyetoran Iuran Jaminan Kesehatan BPJS melalui SIMPONI



Perlindungan Jaminan Kesehatan pada PPNPN



Komitmen Pengendalian Gratifikasi



Laporan Perkembangan Perekonomian Indonesia Bulan April 2017



Sosialisasi APBN di Waingapu: Sinergi 3 Instansi



Perubahan Batas Waktu Penyampaian Usulan Standar Biaya Keluaran TA 2018



Upaya DJA Mendukung Tata Kelola Pengawasan Intern






 



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN




Copyright 2011 Kementerian Keuangan RI - DJA - Pusintek - 2011 | Disarankan untuk menggunakan browser yang populer dan versi terbaru

Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan RI ini ditulis oleh R. Koswara Adisaputra, Alfa Andrew Jason Bulo untuk Kementerian Keuangan RI pada Agustus 2011