PMK No. 10 Tahun 2017 tentang Tata Cara Revisi Anggaran Tahun Anggaran 2017 dapat diunduh disini




DJA Perkuat Kerangka Transparansi Fiskal




Jakarta - Kementerian Keuangan RI memiliki komitmen kuat untuk melaksanakan transparansi fiskal sebagai salah satu langkah rencana aksi nasional open government. Salah satu implementasi tersebut dengan mengirimkan perwakilan dalam General Stewards Meeting, acara tahunan dari negara-negara yang tergabung dalam Global Iniative Fiscal Transparency (GIFT) untuk saling berbagi pengalaman dalam mengkampanyekan transparansi fiskal, partisipasi publik, dan akuntabilitas. Dalam kesempatan kali ini General Stewards Meeting diselenggarakan di Kementerian Luar Negeri Meksiko (Secretaría de RelacionesExteriores), Mexico City, 8-9 Maret 2017.


“Implementasi transparansi fiskal telah dimulai oleh Kementerian Keuangan. Salah satunya adalah pembangunan portal data APBN yang telah menjadi milestone dalam transparansi fiskal. Langkah ini juga diperkuat dengan kegiatan edukasi-edukasi APBN untuk meningkatkan partisipasi publik dalam penyusunan APBN” tutur I.G.A Krisna, Kasi Analisis Data dan Informasi APBN yang menjadi salah satu peserta dalam kegiatan ini. Selain dari Indonesia, negara peserta yang hadir adalah dari Amerika Serikat, Uruguay, Brazil, Vietnam, Filipina, Kanada, Benin, Paraguay, Afrika Selatan, dan tentu saja Mexico sebagai tuan rumah.

Selanjutnya terdapat kesepakatan yang dituangkan dalam rencana aksi tahun 2017 yaitu (1) meningkatkan harmonisasi arsitektur global atas transparansi fiskal melalui penyusunan pedoman prinsip partisipasi publik dan mekanisme dalam kebijakan fiskal serta The OECD’s Toolkit on Budget Transparency; (2) pelaksanaan kegiatan peningkatan transparansi fiskal dalam skala internasional. Dalam kesempatan tersebut disinggung juga akan diluncurkannya penilaian/pemeringkatan standar internasional terkait transparansi anggaran periode dua tahunan yakni Open Budget Survey tahun 2017.(papbn)


17/03/2017 10:04:05




Liputan


Batas Akhir Revisi Anggaran Penyelesaian Kegiatan yang Ditunda Tahun Anggaran 2016



Semarak Gerakan Literasi APBN di Bulan April 2017



Sosialisasi Dan Worskshop Manajemen Risiko Di Lingkungan DJA Tahun 2017



Change Words, Change World



Kebijakan Pensiun Yang Lebih Baik Untuk PNS



Memperkaya Khasanah Transparansi APBN dalam Open Budget Survey 2017



Menjaga Kesinambungan Fiskal Dan Pembangunan Nasional



Bedah Buku Parenthink Karya Mona Ratuliu



Daulat Rakyat atas APBN Semakin Cepat Melalui Teknologi Informasi



Batas Akhir Revisi Anggaran Usul Penggunaan Dana Keluaran (Output) Cadangan



Konsolidasi Untuk Mewujudkan Zona Integritas



DJA Menyapa : Misi Pemerataan Edukasi APBN



APBN yang Lebih Kredibel dan Berkualitas di Tengah Ketidakpastian Global



Focus Group Discussion Kerja Sama DJA dengan BPJS Kesehatan



Kesinambungan Program Pensiun dan Layanan Kesehatan






 



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN




Copyright 2011 Kementerian Keuangan RI - DJA - Pusintek - 2011 | Disarankan untuk menggunakan browser yang populer dan versi terbaru

Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan RI ini ditulis oleh R. Koswara Adisaputra, Alfa Andrew Jason Bulo untuk Kementerian Keuangan RI pada Agustus 2011