Bahan Sosialisasi Pokok-Pokok Petunjuk Penyusunan dan Penelaahan RKA-K/L dan Pengesahan DIPA dapat diunduh disini




DJA Perkuat Kerangka Transparansi Fiskal




Jakarta - Kementerian Keuangan RI memiliki komitmen kuat untuk melaksanakan transparansi fiskal sebagai salah satu langkah rencana aksi nasional open government. Salah satu implementasi tersebut dengan mengirimkan perwakilan dalam General Stewards Meeting, acara tahunan dari negara-negara yang tergabung dalam Global Iniative Fiscal Transparency (GIFT) untuk saling berbagi pengalaman dalam mengkampanyekan transparansi fiskal, partisipasi publik, dan akuntabilitas. Dalam kesempatan kali ini General Stewards Meeting diselenggarakan di Kementerian Luar Negeri Meksiko (Secretaría de RelacionesExteriores), Mexico City, 8-9 Maret 2017.


“Implementasi transparansi fiskal telah dimulai oleh Kementerian Keuangan. Salah satunya adalah pembangunan portal data APBN yang telah menjadi milestone dalam transparansi fiskal. Langkah ini juga diperkuat dengan kegiatan edukasi-edukasi APBN untuk meningkatkan partisipasi publik dalam penyusunan APBN” tutur I.G.A Krisna, Kasi Analisis Data dan Informasi APBN yang menjadi salah satu peserta dalam kegiatan ini. Selain dari Indonesia, negara peserta yang hadir adalah dari Amerika Serikat, Uruguay, Brazil, Vietnam, Filipina, Kanada, Benin, Paraguay, Afrika Selatan, dan tentu saja Mexico sebagai tuan rumah.

Selanjutnya terdapat kesepakatan yang dituangkan dalam rencana aksi tahun 2017 yaitu (1) meningkatkan harmonisasi arsitektur global atas transparansi fiskal melalui penyusunan pedoman prinsip partisipasi publik dan mekanisme dalam kebijakan fiskal serta The OECD’s Toolkit on Budget Transparency; (2) pelaksanaan kegiatan peningkatan transparansi fiskal dalam skala internasional. Dalam kesempatan tersebut disinggung juga akan diluncurkannya penilaian/pemeringkatan standar internasional terkait transparansi anggaran periode dua tahunan yakni Open Budget Survey tahun 2017.(papbn)


17/03/2017 10:04:05




Liputan


Sekilas Tentang Analisis Kebijakan Belanja Publik/Negara



Kemenkeu Menjawab Salah Info Soal RUU PNBP



Upaya DJA Mewujudkan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi



SMK Sangkuriang I Cimahi Pelajari Pengelolaan Anggaran Negara



Kerja Bersama Mewujudkan Penganggaran yang Efisien dan Efektif



STIMIK ESQ Perdalam Pemahaman Pengelolaan Keuangan Negara



Sosialisasi Implementasi Segmen Akun Baru Dalam BAS



Budget Goes To Campus PKN STAN



Dirjen Anggaran Terbitkan Peraturan Tata Cara Pembayaran/Penyetoran PNBP



Menuju Pengelolaan Anggaran yang Berkualitas dan Berkeadilan



Laporan Perkembangan Perekonomian Indonesia Bulan September 2017



Sinergi Mewujudkan Penganggaran Yang Kredibel



Sinergi Pengalokasian Anggaran Pusat (Dekon/TP) dan DAK



Kewajiban Laporan Harta Kekayaan Bagi Penyelenggara Negara



Sinergi Pengawasan Penerimaan Negara






 



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN




Copyright 2011 Kementerian Keuangan RI - DJA - Pusintek - 2011 | Disarankan untuk menggunakan browser yang populer dan versi terbaru

Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan RI ini ditulis oleh R. Koswara Adisaputra, Alfa Andrew Jason Bulo untuk Kementerian Keuangan RI pada Agustus 2011