Bahan Workshop Penyesuaian Angka Dasar TA 2019 dalam rangka Penyusunan Pagu Indikatif TA 2019 dapat di-unduh di sini




DJA Perkuat Kerangka Transparansi Fiskal




Jakarta - Kementerian Keuangan RI memiliki komitmen kuat untuk melaksanakan transparansi fiskal sebagai salah satu langkah rencana aksi nasional open government. Salah satu implementasi tersebut dengan mengirimkan perwakilan dalam General Stewards Meeting, acara tahunan dari negara-negara yang tergabung dalam Global Iniative Fiscal Transparency (GIFT) untuk saling berbagi pengalaman dalam mengkampanyekan transparansi fiskal, partisipasi publik, dan akuntabilitas. Dalam kesempatan kali ini General Stewards Meeting diselenggarakan di Kementerian Luar Negeri Meksiko (Secretaría de RelacionesExteriores), Mexico City, 8-9 Maret 2017.


“Implementasi transparansi fiskal telah dimulai oleh Kementerian Keuangan. Salah satunya adalah pembangunan portal data APBN yang telah menjadi milestone dalam transparansi fiskal. Langkah ini juga diperkuat dengan kegiatan edukasi-edukasi APBN untuk meningkatkan partisipasi publik dalam penyusunan APBN” tutur I.G.A Krisna, Kasi Analisis Data dan Informasi APBN yang menjadi salah satu peserta dalam kegiatan ini. Selain dari Indonesia, negara peserta yang hadir adalah dari Amerika Serikat, Uruguay, Brazil, Vietnam, Filipina, Kanada, Benin, Paraguay, Afrika Selatan, dan tentu saja Mexico sebagai tuan rumah.

Selanjutnya terdapat kesepakatan yang dituangkan dalam rencana aksi tahun 2017 yaitu (1) meningkatkan harmonisasi arsitektur global atas transparansi fiskal melalui penyusunan pedoman prinsip partisipasi publik dan mekanisme dalam kebijakan fiskal serta The OECD’s Toolkit on Budget Transparency; (2) pelaksanaan kegiatan peningkatan transparansi fiskal dalam skala internasional. Dalam kesempatan tersebut disinggung juga akan diluncurkannya penilaian/pemeringkatan standar internasional terkait transparansi anggaran periode dua tahunan yakni Open Budget Survey tahun 2017.(papbn)


17/03/2017 10:04:05




Liputan


DJA Serahkan Bingkisan Idul Fitri 1439H



Peningkatan Pengawasan PNBP



Perubahan PMK Nomor 49/PMK.02/2017 tentang SBM TA 2018



Esensi Pengaturan Dalam PMK NOMOR 190/PMK.02/2017



Peran Aktif DJA pada 2018 PEMNA Plenary Conference -Cambodia



Forum DJA Bersama Mitra Kerja Dalam Rangka Perbaikan Layanan DJA



Pencanangan Zona Integritas Menuju WBK Dan WBBM



Peningkatan Efisiensi dan Efektivitas Belanja Infrastruktur



SINERGI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENGANGGARAN SATKER



Sosialisasi Jabatan Fungsional Analis Anggaran



BGTC Batam : APBN #UangKita dari kita untuk kita



Sosialisasi PMK Monev Penggunaan Dana BUN



Pembiayaan Anggaran, Bukan Sekedar Defisit dan Utang



Mahasiswa FISIP UMM Pelajari Proses Penyusunan APBN



ADBI Workshop 2018 : Designing Effective Social Health Security System






 



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN




Copyright 2011 Kementerian Keuangan RI - DJA - Pusintek - 2011 | Disarankan untuk menggunakan browser yang populer dan versi terbaru

Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan RI ini ditulis oleh R. Koswara Adisaputra, Alfa Andrew Jason Bulo untuk Kementerian Keuangan RI pada Agustus 2011