Pengumuman : Implementasi Aplikasi SAKTI Web dalam proses Revisi DIPA TA 2020 dapat di-unduh di sini




Penerapan Kaidah EYD Dalam Penulisan Dokumen Negara




Jakarta - Bahasa Indonesia merupakan bahasa resmi yang digunakan negara Indonesia. Segenap warga negara wajib memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam berbahasa, baik bahasa lisan maupun tulisan. Namun, banyak orang masih belum memiliki pengetahuan dan keterampilan berbahasa yang cukup, terutama dalam bahasa penulisan yang baik dan benar sesuai dengan Bahasa Indonesia Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).

Keterbatasan kemampuan berbahasa tulis tersebut juga dirasakan di lingkungan Direktorat Jenderal Anggaran (DJA). Padahal, DJA khususnya Direktorat Penyusunan APBN berperan besar dalam penyusunan dokumen negara yakni Nota Keuangan. Penyusun dokumen negara tentu wajib memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam berbahasa Indonesia.

Melihat hal tersebut, Direktorat Penyusunan APBN merasa perlu untuk meningkatkan kualitas pegawainya dalam menyusun dokumen negara. Peningkatan kualitas pegawai dilaksanakan melalui Workshop Penulisan Dokumen Negara dengan Tata Bahasa Indonesia Ejaan Yang Disempurnakan. Workshop tersebut digagas oleh Direktorat Penyusunan APBN dan diselenggarakan oleh Sekretariat Direktorat Jenderal Anggaran melalui Bagian Kepegawaian. Peserta workshop sebanyak 33 pegawai yang berasal dari seluruh unit Eselon II di lingkungan DJA.Workshop ini diselenggarakan selama dua hari, yakni pada hari Selasa tanggal 5 Mei 2015 dan hari Kamis tanggal 7 Mei 2015, bertempat di Aula Lantai 11 Gedung Sutikno Slamet, mulai pukul 09.00 WIB.

Materi workshop terdiri atas Penerapan Kaidah Ejaan Yang Disempurnakan dan Pilihan Kata dalam Penulisan Produk Dokumen Negara, serta Struktur Kalimat Bahasa Indonesia. Materi workshop ini disampaikan oleh narasumber dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Rini Adiyati Ekoputranti pada hari pertama dan Sry Satriya Tjatur Wisnu Sasangka pada hari kedua.

Melalui workshop ini, pegawai Direktorat Jenderal Anggaran diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam berbahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai Ejaan Yang Disempurnakan, khususnya dalam menyusun dokumen negara dan naskah dinas lainnya di lingkungan Direktorat Jenderal Anggaran.(hya)



08/05/2015 8:05:13




Liputan


SOSIALISASI GRATIFIKASI DAN APLIKASI WISE



MUTASI DAN PROMOSI PEGAWAI DALAM RANGKA PENYEGARAN DAN PENGOTIMALAN SDM DJA



FGD UJI PUBLIK RPP TENTANG PENGELOLAAN PNBP DAN RPP TENTANG PENETAPAN TARIF PNBP



KUNJUNGAN MAHASISWA UNPAS: KEBIJAKAN APBN 2020



REDESAIN PENGANGGARAN, LANGKAH AWAL PERBAIKAN PERENCANAAN ANGGARAN



LANGKAH PEMERINTAH HADAPI PERLAMBATAN EKONOMI GLOBAL



PENANDATANGANAN KK, PIAGAM RISIKO, DAN KOMITMEN PENGENDALIAN GRATIFIKASI TA 2020



PEREKONOMIAN INDONESIA YANG POSITIF DI TENGAH PERLAMBATAN EKONOMI GLOBAL



DIT. ABID EKONTIM RAIH PREDIKAT WILAYAH BEBAS DARI KORUPSI (WBK)



MENGENAL ANALIS ANGGARAN



PAJAK DAN BUKAN PAJAK: SERUPA TAPI TAK SAMA



LAPORAN SEMESTER PROGRAM PERCEPATAN PENCEGAHAN STUNTING 2019



PENYERAHAN DIPA TA 2020



IBF : MERANCANG KEBIJAKAN PENERIMAAN NEGARA SEKTOR PELABUHAN



Budget Goes To Campus : Medan






 



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN


DIREKTORAT JENDERAL ANGGARAN
Gedung Sutikno Slamet Jalan DR. Wahidin Nomor 1 Jakarta 10710 Kotak Pos 2435 telepon 021-3868085 Whatsapp: +628118300931 email: pusatlayanan.dja@kemenkeu.go.id
Copyright 2011 Kementerian Keuangan RI - DJA - Pusintek - 2011 | Disarankan untuk menggunakan browser yang populer dan versi terbaru




Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan RI ini ditulis oleh R. Koswara Adisaputra, Alfa Andrew Jason Bulo untuk Kementerian Keuangan RI pada Agustus 2011