Bahan Sosialisasi Pokok-Pokok Petunjuk Penyusunan dan Penelaahan RKA-K/L dan Pengesahan DIPA dapat diunduh disini




Peningkatan Kemampuan Akademis




Jakarta - Ditjen Anggaran mengupayakan peningkatan kemampuan akademis dengan penyelenggaraan pelatihan persiapan dan ujian Tes Potensi Akademik (TPA) bagi pegawai. Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan pembekalan bagi pegawai sebagai salah satu syarat melanjutkan pendidikan. Peningkatan pendidikan pegawai merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas.

Pelatihan yang dilaksanakan di Ruang Machiato, Gedung Dhanapala ini dilaksanakan dalam empat jadwal. Pada minggu pertama bulan Maret, pelatihan batch I dan batch II dilaksanakan hari Selasa (3/4) dan Rabu (4/4). Pelatihan batch III dan batch IV akan dilaksanakan pada minggu kedua bulan Maret, hari Senin (9/4) dan Selasa (10/4).

Hanung Prihatmoko, instruktur pelatihan, mengatakan, “penggunaan otak kanan dapat meningkatkan kemampuan akademis untuk TPA, untuk itu perlu dilatih secara lebih intensif agar optimal”. “Di samping itu, ada beberapa metode penyelesaian soal yang memudahkan dalam mengerjakan TPA. Namun, ada beberapa bagian yang memang harus dihafal untuk menguasainya”, imbuhnya.



Metode dan contoh-contoh kasus yang disampaikan sangat memudahkan para peserta. Hanung Prihatmoko menyampaikan cara-cara praktis untuk menyelesaikan kasus-kasus yang sering muncul dalam TPA.

“Perlu latihan untuk membiasakan penggunaan otak kanan dalam mengerjakan TPA. Metode yang disampaikan perlu dilatih terus menerus secara mandiri untuk mendapatkan manfaat yang optimal dari pelatihan ini”, demikian disampaikan salah satu peserta pelatihan batch II. Kesan dari pelatihan ini, bagus dan sangat membantu.(cys)



05/03/2015 9:19:15




Liputan


Menuju Pengelolaan Anggaran yang Berkualitas dan Berkeadilan



Laporan Perkembangan Perekonomian Indonesia Bulan September 2017



Sinergi Mewujudkan Penganggaran Yang Kredibel



Sinergi Pengalokasian Anggaran Pusat (Dekon/TP) dan DAK



Kewajiban Laporan Harta Kekayaan Bagi Penyelenggara Negara



Sinergi Pengawasan Penerimaan Negara



DJA Mendengar (Menuju Penganggaran yang Efektif dan Efisien)



Kompetisi Inovasi DJA Tahun 2017



Jawaban Pemerintah Atas Pemandangan Umum DPR RI Terhadap RUU APBN 2018



Konsolidasi Undang-Undang APBNP T.A. 2017



DJA Mendengar (Untuk Pelayanan SIMPONI Yang Lebih Baik)



Undang-Undang APBNP T.A. 2017



Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi DPR Atas NK dan RAPBN 2018



Pedoman Jawaban Pemandangan Umum RUU APBN TA 2018



Keterangan Pers RAPBN TAHUN 2018






 



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN




Copyright 2011 Kementerian Keuangan RI - DJA - Pusintek - 2011 | Disarankan untuk menggunakan browser yang populer dan versi terbaru

Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan RI ini ditulis oleh R. Koswara Adisaputra, Alfa Andrew Jason Bulo untuk Kementerian Keuangan RI pada Agustus 2011