Bahan Paparan PMK Revisi 2019 dapat di-unduh di sini




Awal | Sebelumnya | Selanjutnya | Akhir Halaman 1 dari 141 halaman

Liputan



SISTEM MONITORING DAN EVALUASI KINERJA TERPADU KEMENTERIAN KEUANGAN



Sistem Penganggaran



Dalam melaksanakan evaluasi kinerja anggaran, salah satu tools yang digunakan adalah Aplikasi SMART.





SERI #12: BELANJA KESEHATAN
NEGARA HADIR BAGI MASA DEPAN BANGSA



Perencanaan Anggaran



Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap bayi yang lahir ke dunia merupakan kehendak Tuhan bagi kesinambungan kehidupan. Dan, bagaimana kualitas kehidupan masa depan akan berlangsung sangat bergantung kepada bayi tersebut tumbuh. Yaitu, sejak masih embrio di dalam rahim ibunya. Dengan demikian, jaminan akan asupan gizi yang cukup dan proporsional menjadi kunci kualitas manusia di masa depan.





OLIMPIADE APBN 2019, GENERASI MUDA PEDULI #UangKita



Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara



Untuk kali kedua, Direktorat Jenderal Anggaran bekerjasama PKN STAN menyelenggarakan Olimpiade APBN 2019. Olimpiade APBN merupakan suatu perlombaan APBN berskala nasional yang akan diikuti oleh pelajar setingkat SMA dari seluruh wilayah Indonesia.




Seri #11: Membangun Infrastruktur dengan Inovasi Pengolahan Limbah Plastik



Perencanaan Anggaran



Tanggal 22 April 2019 yang lalu, kita bersama dengan warga dunia memperingati Hari Bumi Internasional. Namun, beberapa waktu sebelumnya justru terdapat sebuah fenomena yang sangat ironis dan menjadi viral, yaitu ditemukannya kemasan plastik bungkus mie instan yang berumur sekitar 19 tahun dan belum terurai.





TINJAUAN VALUE FOR MONEY PADA K/L BIDANG PENDIDIKAN



Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara



Pengalokasian anggaran bidang pendidikan dalam APBN minimal sebesar 20 persen terhadap belanja negara telah berlangsung selama satu dekade (sejak tahun 2009), sebagaimana yang diamanatkan Pasal 31 ayat 4 UUD 1945 Amandemen ke-4. Namun, reviu komprehensif terkait pembangunan pendidikan masih relatif sedikit





SERI #10: BELANJA INDUSTRI 4.0
IMPLEMENTASI MAKING INDONESIA 4.0



Perencanaan Anggaran



"Making Indonesia 4.0" adalah sebuah peta jalan (roadmap) yang terintegrasi untuk mengimplementasikan sejumlah strategi dalam memasuki era revolusi industri 4.0. Revolusi industri 4.0 merupakan tren global di industri manufaktur saat ini.





KAVELING ANGGARAN AMANAT UNDANG-UNDANG



Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara



Seperti halnya di negara-negara yang menganut federal budget, Indonesia juga menggunakan terminologi mandatory spending untuk memastikan alokasi pada program-program prioritas nasional.





SERI #9: BELANJA PENDIDIKAN
NEGARA HADIR MENCERDASKAN ANAK NEGERI



Perencanaan Anggaran



Masa depan yang cerah akan menjadi milik mereka yang mempersiapkan dirinya saat ini. Dan, pendidikan merupakan bentuk investasi hari ini untuk hari esok yang lebih baik. Pendidikan dipercaya dan terbukti dapat meningkatkan status sosial-ekonomi individu.





TRAINING OF TRAINER PENGELOLAAN PNBP SDA NON MIGAS



Penerimaan Negara Bukan Pajak



Jakarta, 2 Mei 2019 - Training of Trainer (ToT) pengelolaan PNBP SDA non migas dan pengoperasian SIMPONI serta Single Source Database (SSD) PNBP bagi Kanwil DJP dan DJBC.





BLC STANDAR BIAYA UNTUK MENDUKUNG EFIKTIVITAS DAN EFISIENSI PENGANGGARAN



Sistem Penganggaran



Budget Learning Centre (BLC) dengan berbagai tema standar biaya telah dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Anggaran. Pemberian pemahaman yang cukup bagi mitra kerja DJA tentang kebijakan standar biaya yang dihasilkan oleh DJA diharapkan dapat mendukung Kementerian Negara dan Lembaga (KL) dalam menyusun dokumen penganggarannya.




Awal | Sebelumnya | Selanjutnya | Akhir Halaman 1 dari 141 halaman


 



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN


DIREKTORAT JENDERAL ANGGARAN
Gedung Sutikno Slamet Jalan DR. Wahidin Nomor 1 Jakarta 10710 Kotak Pos 2435 telepon 021-3868085 Whatsapp: +628118300931 email: pusatlayanan.dja@kemenkeu.go.id
Copyright 2011 Kementerian Keuangan RI - DJA - Pusintek - 2011 | Disarankan untuk menggunakan browser yang populer dan versi terbaru




Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan RI ini ditulis oleh R. Koswara Adisaputra, Alfa Andrew Jason Bulo untuk Kementerian Keuangan RI pada Agustus 2011